Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat akan Beroperasi Tahun Ini, Diproyeksi Serap Banyak Tenaga Kerja

Advertisement

Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat akan Beroperasi Tahun Ini, Diproyeksi Serap Banyak Tenaga Kerja

KATAKNEWS.com
Senin, 13 Mei 2019

BANTUAN RAMADHAN. Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid menyerahkan bantuan kepada perwakilan pengurus Masjid di Desa Lembar Selatan, Lombok Barat. (Humas Pemda Lombok Barat)


LOMBOK BARAT - Pelabuhan Gili Mas di Kecamatan Lembar Lombok Barat, direncanakan mulai beroperasi pada November 2019.

Operasional pelabuhan niaga dan pariwisata terbesar di NTB ini, diproyeksikan akan menyerap lebih dari 500 orang tenaga kerja di tahap awal.

"Karena itu masyarakat agar menyiapkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki dalam menempati tempat-tempat kerja sesuai kebutuhan perusahan-perusahan yang ada," kata Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid, saat Safari Ramadhan di di Masjid Masjid Nurul Yaqin, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Minggu malam (12/5).

Bupati Fauzan memaparkan, Kecamatan Lembar memiliki potensi yang besar dalam industri, hal itu terlihat dari banyaknya perusahan yang telah mengantongi izin operasi dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

Terkait operasi pelabuhan Gili Mas, Bupati Fauzan berencana akan menginstruksikan kepada Pelindo dan ASDP untuk segera membuat daftar pekerjaan yang dibutuhkan.

Setelah itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja Lombok Barat selanjutnya akan segera berkordinasi dengan kecamatan dan Kepala Desa untuk melakukan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan perusahaan tersebut.

“Kalau tidak seperti itu nanti masyarakat Lembar kalah bersaing dengan masyarakat luar Lembar. Jadi kita sendiri yang harus mempersiapkan sesuai yang dibutuhkan oleh pelabuhan itu,” tegas Fauzan.

Dipaparkan, target pembangunan Pelabuhan Gili Mas akan rampung seluruhnya pada tahun 2021, maka tenaga kerja yang akan dibutuhkan akan semakin banyak.

"Masyarakat ya.. harus mempersiapkan diri dari sekarang,” lanjutnya.

Safari Ramadhan yang digelar Pemkab Lombok Barat (Lobar) setiap bulan Ramadhan ini menjadi langkah untuk mendorong ukhuwah Islamiyah.

Hal ini dapat terwujud karena kegiatan tersebut memperkuat silaturahim antara warga dan pemerintah serta elemen masyarakat lainnya.

“Tujuan Safari adalah untuk mempererat tali silaturami antara masyarakat dan pemerintah, agar terbentuk harapan yang sama dalam membangun Lombok Barat dan bisa membangkitkan semangat gotong royong yang mulai hilang,” pungkas Fauzan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan untuk pemeliharan Masjid Nurul Yaqin dan Masjid Baital Afwallah Dusun Nyur Lembang Desa Jambatan Gantung, Masjid Akramul Haq Dusun Jambatan Kembar Desas Jakem, Masjid Nurul Iman Dusun Petak Desa Lembar, Masjid Baitusshalihin Dusun Lendang Gerude Mareje Timur, serta bantuan mesin pengolahan pangan kepada Kelompok IKM FAIHA BAKERY dan juga bantuan berupa alat penangkapan ikan  kepada Kecamatan Lembar sebesar Rp75 juta. (*)