Taksi super, startup Turin mempekerjakan 1.000 orang dan mencoba revolusi

16/01/2023

Proyek mobilitas publik baru dimulai dari Piazza Castello, di jantung kota: hampir 1.000 orang dipekerjakan untuk membangun kendaraan di Orbassano yang hanya bisa disewa oleh pengemudi taksi. Ini disebut Miner dan akan diproduksi dengan kecepatan seratus ribu unit per tahun

Taksi masa depan lahir di Turin. Proyek ini baru saja diluncurkan setelah presentasinya pada bulan Juni lalu: di salon Turin, Piazza Castello, Etioca Holding memulai tur dunia presentasi taksi listrik Miner.

A lire également : Bos ChatGPT Kasih Uang ke Bos Startup yang Terimbas SVB Bangkrut

Ini adalah proyek yang memiliki karakteristik unik karena sejak awal semuanya ditujukan langsung kepada pengemudi taksi: sistem 'sewa' dikembangkan untuk mereka yang menghindari masalah pembelian kendaraan karena pengusaha-pengemudi dapat memiliki super-taksi dan semua layanan terkait dengan biaya 0,99 sen/km, biaya rata-rata Eropa per km.

"Kami bermaksud mendorong perubahan budaya dan sosial," jelas Mark Ishakov, pendiri dan CEO Etioca, "menuju mobilitas yang berkelanjutan dengan menawarkan solusi yang melindungi lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup bagi generasi mendatang. Ekosistem Etioca memiliki fondasi untuk mendorong transisi ke mobilitas listrik untuk melayani masyarakat perkotaan masa depan yang bertujuan untuk mengurangi emisi dan lalu lintas di kota-kota dengan memperkenalkan kendaraan yang berkelanjutan, fungsional, dan bersama. Rencana bisnis kami didasarkan pada model Monte Carlo. Nilai Etioca saat ini adalah USD 27 miliar tidak termasuk pendapatan yang dihasilkan oleh Fintech dan Media. Berdasarkan rencana bisnis kami, kami memperkirakan bahwa valuasi internal Etioca akan mencapai USD 232 miliar dalam 7 tahun beroperasi. Etioca melanjutkan proses akuisisi strategis untuk meningkatkan nilai ekosistem kami dan untuk memenuhi timeline rencana bisnis".

A découvrir également : Bos ChatGPT Kasih Uang ke Bos Startup yang Terimbas SVB Bangkrut

Diberi nama Miner, mobil taksi Etioca lahir berkat investasi $400 juta, hingga mencapai $1,2 miliar selama tiga tahun ke depan, dan dukungan langsung dari Pemerintah Gibraltar. Dan sekarang, perusahaan ini menargetkan listing di bursa saham, setelah mempekerjakan hampir 1.000 orang di Turin.

Prototipe ini dibangun di bengkel karoseri Coggiola di Orbassano dan dijadwalkan untuk mulai diproduksi pada tahun 2024, semuanya berkat langkah korporat yang penting: Etioca Holding mengakuisisi Coggiola, sehingga menjadi pemilik lisensi WMI (Worldwide Manufacturers Identifier) yang berharga, yang memungkinkan produksi tak terbatas untuk berbagai macam kendaraan (mobil, truk, bus, sepeda motor).

Proyek ini lahir pada tahun 2015 dan pendiri Israel serta CEO-nya saat ini, Mark Ishakov, mulai bekerja sejak awal untuk menawarkan kepada pengemudi taksi, berbagai layanan lengkap yang mengikuti evolusi mobilitas selangkah demi selangkah.

Yaitu, stasiun pengisian daya listrik (penukaran baterai), stasiun pencucian mobil, penjualan makanan dan minuman di atas kapal, dan bantuan purna jual. Semua dengan manajemen melalui App.

Dan bagi pengemudi taksi dan pelanggannya, juga akan ada 'saluran media' baru, untuk dihidupkan di dalam taksi, yang tidak mengherankan jika memiliki layar LED terintegrasi untuk memproyeksikan iklan dan kampanye kelembagaan atau pesan layanan publik bagi warga. Saluran media baru ini berasal dari akuisisi Etioca terhadap Between Comunicazione, sebuah biro hubungan masyarakat dan periklanan yang berbasis di Turin, yang telah mengkhususkan diri dalam komunikasi perusahaan dan produk selama lebih dari 20 tahun.

Dan tidak ada kekurangan kehalusan: desain Miner ditangani oleh Giorgetto Giugiaro, perancang Secolo, dan Fabrizio Giugiaro, yang juga mengembangkan seluruh bagian 'teknik' dari proyek untuk produksi taksi, yang, seperti yang kami katakan, akan mulai bergulir dari jalur perakitan Turin pada tahun 2024 dengan kecepatan 10.000 buah per tahun. Dengan sasaran yang dinyatakan mencapai 45.000 pada tahun 2025 dan 100.000 unit per tahun pada tahun 2027. Saat ini sudah ada 90.000 pre-order di Italia, Israel dan Latvia.

Sari Dewi

Sari Dewi adalah seorang jurnalis yang berdedikasi pada isu-isu lingkungan di Indonesia. Ia telah menjelajahi negara ini untuk mendokumentasikan akibat deforestasi, polusi sungai, dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat lokal. Karyanya telah meningkatkan kesadaran publik akan urgensi pelestarian lingkungan dan menginspirasi inisiatif pelestarian di seluruh negara.

Go up