Songsong Industrialisasi, IKM di NTB Didorong Memanfaatkan Digital Marketing

Advertisement

Songsong Industrialisasi, IKM di NTB Didorong Memanfaatkan Digital Marketing

KATAKNEWS.com
Minggu, 10 Maret 2019

TEMU IKM. Ketua Dekranasda NTB Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah bersama Kadis Perindustrian NTB Andi Pramaria, melihat produk Industri Kecil dan Menengah (IKM), dalam temu IKM di kantor Dinas Perindustrian NTB.  


MATARAM - Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Provinsi NTB didorong untuk mulai memanfaatkan digital marketing untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka.

Selain melakukan pembinaan pada pelaku IKM, Dinas Perindustrian NTB sebagai leading sector, juga diharapkan membuka peluang pemasaran online untuk produk IKM NTB yang berkualitas.

"(Dinas) Perindustrian juga bekerja sama dengan situs Tokopedia dan Bukalapak yang merupakan suatu aplikasi yang memudahkan para IKM untuk memasarkan produk mereka," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkiefkimansyah, Sabtu (9/3) di sela kegiatan temu IKM di kantor Dinas Perindustrian NTB, di Mataram.

Menurut Niken, kerjasama dengan dua situs jual beli online ternama tersebut merupakan salah satu langkah strategis Dinas Perindustrian NTB dalam memfasilitasi IKM untuk peningatan kapasitas serta promosi produk mereka lebih luas lagi.

Kegiatan temu IKM yang digagas Dinas Perindustrian NTB itu dihadiri lebih dari 50 pelaku IKM yang juga langsung menggelar displai produk mereka.

Niken menilai kegiatan tersebut sangat baik sebagai wahana menyerap aspirasi dari pelaku IKM yang ada di NTB.

"Kegiatan ini kalau bisa dilakukan secara rutin ke depannya. Para pelaku IKM yang ada dibina supaya bisa menghasilkan produk yang berdaya saing," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Andi Pramaria menjelaskan tujuan kegiatan tamu IKM itu sebagai upaya  untuk menyamakan presepsi antara IKM dan Dinas Perindustrian.

"Kita kumpulkan pelaku IKM ini supaya tujuan dan kemauan kita sama, karena kita dan IKM kadang keinginannya nggak sama, sekarang kita serap apa kemauan dan aspirasi para pelaku IKM ini," kata Andi Pramaria.