BDRG Dorong UMKM di NTB Manfaatkan Teknologi

Advertisement

BDRG Dorong UMKM di NTB Manfaatkan Teknologi

Redaksi KATAKNEWS
Rabu, 06 Maret 2019

PELATIHAN E-COMMERCE. Ketua Bidang 5 BKOW NTB, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (Jilbab Orange) bersama instruktur dan peserta pelatihan e-commerce di Mataram. (Foto: Istimewa)


MATARAM - Ketua Bidang 5 Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (BDRG) membuka pelatihan e-commerce atau pelatihan marketing produk UMKM online, Selasa (5/3) di Sekretariat DPD IWAPI NTB di Mataram.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk peningkatan kapasitas para pelaku UMKM pemula, yang ingin memasarkan produk mereka secara online.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan setiap angkatan diikuti oleh lebih kurang 25 orang," kata Baiq Diyah.

Baiq Diyah yang juga Ketua IWAPI NTB menjelaskan, pelatihan difokuskan pada bagaimana memasarkan hasil produk UMKM dengan memanfaatkan teknologi.


Materi pelatihan meliputi proses pengemasan produk, pengambilan foto produk terkemas, serta teknis pemasaran melalui jaringan online.

"Jadi diajarkan pada UMKM bagaimana cara menjual produknya secara online dan juga bagaimana cara memfoto produknya agar terlihat menarik," ujar Baiq Diyah.

Baiq Diyah mencontohkan produk yang di hasilkan berupa Cake Mini. Para instruktur memberikan pelatihan bagaimana tips memfoto produknya sehingga terlihat menarik dan siap dipasarkan secara online.

"Insya Allah mereka sudah langsung mau foto produk-produknya dan langsung mengirimkan melalui email," jelasnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Dhiah Khahar, mengaku sangat tertarik dengan metode pemasaran melalui online ini.

Ia mengaku sebelumnya pernah memasarkan hasil usahanya namun karena tampilan yang tidak maksimal membuat barang dagangannya tidak terlalu laris.

"Saya sangat terbantu dengan pelatihan ini, jadi tahu trik dan tips memotret hasil produk dagangan saya. Semoga ke depannya saya bisa melakukan sendiri pemotretan dengan hasil yang menarik minat konsumen," katanya.