Terus Bersinergi, Strategi IPI NTB untuk Kembangkan Sektor Pariwisata

Advertisement

Terus Bersinergi, Strategi IPI NTB untuk Kembangkan Sektor Pariwisata

Redaksi KATAKNEWS
Senin, 18 Februari 2019

SINERGITAS. Jajaran IPI NTB bersama awak media massa di sela ramah tamah IPI dan Media Massa, Minggu malam (17/2) di Hotel Bidari Mataram. 

MATARAM - Kondisi pariwisata di Lombok dan NTB secara umum, saat ini memang sedang dalam masa-masa sulit. Meski sudah bisa bangkit pasca bencana gempa bumi Juli-Agustus 2018, kini masa low season dan harga tiket pesawat yang mahal jadi kendala dan tantangan tersendiri.

Namun begitu, jajaran Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap mendorong sikap optimistis menghadapi semua kendala dan tantangan itu.

Salah satu cara yang harus terus dilakukan ialah meningkatkan sinergitas dan kerjasama antar Pemda, stakeholders kepariwisataan, dan juga media massa. 

"IPI NTB ingin sinergitas ini terus ditingkatkan, termasuk dengan rekan-rekan media. Kami yakin "badai pasti berlalu", yang terpenting semangat dan optimisme kita jangan sampai pudar," kata Ketua Divisi Humas dan Sosialisasi IPI NTB, I Gede Gunanta, dalam ramah tamah IPI NTB bersama awak media, Minggu malam (17/2) di Hotel Bidari Mataram.

Gunanta mengatakan, dalam recovery pariwisata dan masa sulit saat ini, pers dan media massa menjadi unsur pelengkap pentaholix pariwisata yang tidak boleh dilupakan peran strategisnya.

Sebab, selain memberitakan fakta dan peristiwa, para jurnalis yang merupakan praktisi pers tentu punya banyak pemikiran, ide dan gagasan yang juga dapat membantu sumbang saran dalam menghadapi tantangan ke depan.

"Kami juga berharap rekan-rekan jurnalis, wartawan agar bisa lebih banyak lagi memberitakan hal-hal positif tentang pariwisata kita di NTB. Sebab memang peran media massa ini sangat strategis bagi pariwisata," katanya.

Ramah tamah IPI NTB bersama awak media berlangsung penuh keakraban. Diskusi ringan juga dilakukan antar pelaku wisata dari berbagai latar belakang. Ada perwakilan dari perhotelan, restauran dan rumah makan, artshop dan industri kerajinan, travel agent, dan juga pemandu wisata.

Ketua IPI NTB, Akhmad Paozi mengatakan, ke depan IPI NTB akan terus berupaya membangun sinergitas dengan semua pihak, demi kemajuan pariwisata di NTB.

"IPI NTB punya sejumlah agenda program kerja yang akan kita laksanakan tahun ini. IPI tentu akan terus membangun sinergi dengan semua pihak, baik Pemda, stakeholders kepariwisataan lainnya, dan juga rekan-rekan media,"katanya.