Akan Dibuka di Kawasan Mandalika, Porprov Promosikan Sport Tourism di NTB

Advertisement

Akan Dibuka di Kawasan Mandalika, Porprov Promosikan Sport Tourism di NTB

Redaksi KATAKNEWS
Sabtu, 08 Desember 2018

PORPROV NTB. Ketua Umum KONI NTB, Andi Hadiyanto dan Kadispora NTB Husnanindiaty Nurdin bersama jajaran panitia Porprov NTB, di Media Center Porprov NTB.(KATAKNEWS/Bara Elank)

MATARAM, KATAKNEWS.com - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dibuka resmi, Minggu sore (9/12) di pantai Kuta, kawasan wisata The Mandalika, Lombok Tengah.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dipilih sebagai lokasi pembukaan Porprov NTB tahun ini, sekaligus untuk mendorong promosi Lombok dan NTB secara umum sebagai destinasi sport tourim berkelas dunia.

"Kita ingin ada perubahan mindset. Bahwa saat ini olahraga harus bisa memberi multiplier efect yang luas. Porprov kali ini dibuka di kawasan wisata The Mandalika, kita ingin yakinkan bahwa NTB layak jadi destinasi sport tourism berkelas dunia," kata Ketua Umum KONI NTB, Andi Hadiyanto dalam jumpa pers, Sabtu (8/12), di Media Center Porprov NTB di Lombok Epicentrum Mall (LEM) Mataram.

Andi menegaskan, konsep sport tourism sudah terbukti memberi multiplier efect yang cukup luas selama ini.

Ia mencontohkan, event TNI Marathon yang digelar di kawasan The Mandalika berhasil mendatangkan 7.000 peserta.

Selain mengisi sarana akomodasi, hotel dan penginapan, para peserta juga tentu berbelanja souvenir dan oleh-oleh khas NTB.

"Belum lagi dari sisi kuliner. Kalau 1 peserta saja membelanjakan Rp1 Juta, sudah Rp7 Miliar uang berputar dalam satu event itu. Itu kalau dihitung 7 ribu saja. Kalau tiap peserta dari 7 ribu itu bawa keluarganya, bawa anak-anaknya, teman-temannya, tentu bisa dibayangkan multiplier efectnya," katanya.

Menurut Andi, Porprov kali ini juga meberikan manfaat positif bagi sektor pariwisata di Lombok, NTB.

Jumlah atlit yang terlibat tercatat sebanyak 2.828 orang. Selain itu ada sekitar 856 orang official, dan 394 orang wasit/juri.

"Hotel-hotel yang tadinya okupansi hanya 20 persen, kini bisa 100 persen, selama 10 hari Porprov ini. Sebab, seluruh yang terlibat termasuk atlit, wasit/juri dan official itu mencapai 4.072 orang," kata Andi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Hunanidiaty Nurdin mengatakan, selain okupansi hotel, Porprov juga akan membawa dampak positif bagi perputaran ekonomi di tingkat pelaku UMKM.

"Para pelaku UMKM, baik kuliner dan souvenir kerajinan di sekitar venue Porprov pasti akan merasakan manfaatnya," kata Husnanindiaty Nurdin.

Ia mengatakan, Porprov kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Venue kegiatan tidak melulu dilaksanakan di GOR atau lapangan olahraga.

Tapi beberapa cabang olahraga akan dipertandingkan di pusat perbelanjaan Mataram Mall dan juga Lombok Epicentrum Mall (LEM) Mataram.

Semangatnya adalah untuk mendorong NTB bangkit dari kekuatan potensi sport tourism yang ada.

"Jadi Porprov ini benar-benar ajang pesta. Pelaksanaannya harus dengan kemeriahan dan kegembiraan, suka cita. Jangan ada keributan," katanya.K18