Kasus Nuril, Wagub NTB Sayangkan Putusan MA

Advertisement

Kasus Nuril, Wagub NTB Sayangkan Putusan MA

KATAKNEWS.com
Jumat, 16 November 2018

WAKIL GUBERNUR NTB. Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah. (Foto/Ist)


MATARAM - Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah menyayangkan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) RI terhadap Baiq Nuril.

Wagub Rohmi menilai, putusan MA yang justru memvonis Nuril bersalah dan dipidana dengan penjara enam bulan serta denda Rp500 juta, justru menunjukan ketidakberpihakan hukum positif kita terhadap kaum perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual.

"Kami menyayangkan putusan (MA terhadap Nuril) yang tidak berpihak kepada korban. Ini menunjukkan wajah muram peradilan kita, korban justru menjadi korban," katanya, Jumat (16/11) di Mataram.

Baca Juga : Kunjungi Nuril, Baiq Diyah Bakal Perjuangkan Nasib Nuril

Sitti Rohmi mengatakan, kasus yang menimpa Baiq Nuril akan menjadi catatan bagi Pemprov NTB untuk mengoptimalkan mekanisme pengaduan, perlindungan dan pendampingan secara hukum, moral maupun materiil bagi korban kekerasan atau pelecehan seksual ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Dinas Pendidikan di Pemprov NTB.

"Selain itu ke depan kita harus bangun semacam kanal yang lebih aman bagi korban kasus pelecehan seksual di Provinsi NTB ini," tukasnya.

Menurutnya, kanal itu bisa terbentuk dengan memperkuat kemitraan bersama berbagai pihak berkompeten, seperti LSM/NGO maupun akademisi dan media yang relevan dan memiliki concern kuat di bidang perlindungan perempuan dan anak.

"Termasuk keberadaan pendamping dalam proses edukasi dan sosialisasi yang lebih intensif terkait mekanisme pengaduan, perlindungan dan pendampingan," katanya.

Ia menegaskan, kasus serupa yang menimpa Nuril jangan sampai lagi terjadi di wilayah Provinsi NTB. K18