Pantai Tanjung Bias jadi Destinasi Wisata Kuliner Baru di Lombok Barat

Advertisement

Pantai Tanjung Bias jadi Destinasi Wisata Kuliner Baru di Lombok Barat

Redaksi KATAKNEWS
Selasa, 23 Oktober 2018

KULINER. Ikan laut bakar segar di lapak pedagang kuliner di kawasan Pantai Mapak, Kota Mataram, NTB.(KATAKNEWS/Foto:Dok/Istimewa) 

LOMBOK BARAT - Berwisata ke Lombok jadi semakin banyak pilihan.

Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid, Senin (21/10) meresmikan satu lagi destinasi wisata kuliner, di Pantai Tanjung Bias, Dusun Aiq Genit, Desa Senteluk, Kecamatan Batulayar.

Pantai Tanjung Bias bisa menjadi pilihan tempat rekreasi, selain Pantai Meninting di sebelahnya yang sudah lebih dulu populer.

Gugus pantai ini berada di sepanjang teluk yang mudah dilihat sepanjang perjalanan di jalur Mataram - Senggigi.

Bukan hanya keindahan pantainya, di destinasi kuliner baru ini, pengunjung juga bisa memanjakan selera dengan beragam kuliner khas Lombok, mulai sate bulayak, hingga ikan bakar segar.

Kepala Dusun Aiq Beriq, Munajab menjelaskan, potensi wisata kuliner di Pantai Tanjung Bias akan mulai dikembangkan serius setelah diresmikan menjadi destinasi wisata Kuliner.

"Masyarakat di sini berterimakasih dengan perhatian Pemda, dan kita akan upayakan maksimal mengembangkan kawasan," katanya.

Selain sejumlah lapak pedagang kuliner, di Pantai Tanjung Bias juga sudah tersedia enam unit berugak yang disediakan untuk pengunjung.

"Saat ini ada enam buah berugak, dan kita akan tambah empat lagi nantinya," kata Munajab.

Ia merasa optimis, kawasan ini akan maju dengan konsep wisata kuliner.

Munajab yang pernah bekerja sebagai pemandu wisata ini, juga terus mempromosikan kawasan tersebut melalui jejaring pertemanannya dan juga melalui Media Sosial.

Menurut dia, jika dikembangkan sungguh-sungguh, kawasan seluas 30 are di Pantai Tanjung Bias itu akan terbangun maksimal dua tahun mendatang, dengan perkiraan kebutuhan biaya mencapai Rp1 Miliar.

Saat ini, papar dia, akses jalan menuju Pantai Tanjung Bias masih belum maksimal. Selain masih melewati lahan milik masyarakat, juga harus melewati akses jalan di Desa tetangga.

"Tapi ini semua akan kami lakukan bertahap sambil jalan. Yang penting tamu-tamu bisa tertarik untuk berkunjung dulu," katanya.

Kenangan Bupati Lombok Barat

Potensi pantai Tanjung Bias di Dusun Aiq Berik, Desa Senteluk, memang seperti keindahan tersembunyi yang harus terus digali.

Saat meresmikan Tanjung Bias sebagai destinasi wisata kuliner baru, Senin (21/10), Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid pun mengungkapkan itu.

Lokasi wisata kuliner pinggir pantai itu, punya nilai historis tersendiri bagi Fauzan. Pada masa kecil dulu ia sering ke pantai ini untuk berenang bersama teman-temannya.

"Lokasi ini sangat familiar bagi saya dan masyarakat Batulayar. Masa kecil saya dulu sering ke pantai ini, berenang bersama teman-teman. Pantai ini memang punya potensi yang harus dikembangkan," katanya.

Fauzan merespon positif langkah Pemerintah Desa Senteluk yang menjadikan lokasi tersebut sebagai destinasi wisata kuliner.

Selain sebagai pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok Barat, kawasan wisata kuliner juga akan menjadi sumber penggerak ekonomi masyarakat setempat, dan membantu menyediakan lapangan kerja.

Menurut Fauzan, Pemda Lombok Barat akan mensupport pengembangan kawasan ini ke depan.

"Yang penting sekarang bagaimana Pemdes bersama masyarakat menata kawasan ini agar indah dan bersih. Perencanaannya dibuat secara utuh dulu, meski belum bisa bangun sekaligus. Sehingga bisa lebih bagus dan tertata," katanya.

Fauzan juga meminta agar di kawasan wisata kuliner itu ditanami pohon agar teduh, seperti cemara atau pohon lainnya yang cepat tumbuh. K24/Afgan/HmsLbr