Kartu Debit Berlogo GPN Resmi Dilaunching di Nusa Tenggara Barat

Advertisement

Kartu Debit Berlogo GPN Resmi Dilaunching di Nusa Tenggara Barat

Redaksi KATAKNEWS
Minggu, 21 Oktober 2018

KARTU DEBIT GPN. Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTB, Achris Sarwani bersama Sekda NTB Rosiady Sayuti, saat melaunching kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (21/10) di arena CFD Kota Mataram.(KATAKNEWS/Humas BI NTB)

MATARAM - Bank Indonesia bersama seluruh perbankan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), resmi melakukan launching kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (21/10), dengan tajuk "GPN sebagai Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional".

Launching dilakukan di area Car Free Day (CFD), Jalan Udayana Kota Mataram, dirangkain dengan berbagai kegiatan seperti senam zumba, flashmob, hiburan dan pembagian doorprize, yang diikuti oleh ratusan masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya.

Launching dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, Achris Sarwani, Sekda Provinsi NTB, Rosiady Sayuti, dan para pimpinan perbankan di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Kepala BI Provinsi NTB, Achris Sarwani mengatakan, Bank Indonesia menetapkan kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan andal.

"Secara sederhana, GPN adalah sebuah sistem transaksi pembayaran yang mengkoneksikan berbagai bank, sehingga kartu ATM dan/atau kartu debet suatu bank dapat digunakan di ATM/EDC/instrumen bank lain," katanya, di sela kegiatan launching.

Selain itu, tambah dia, dari sisi keamanan, kartu ATM/debet berlogo GPN sudah dilengkapi dengan teknologi  "chip" sehingga lebih aman dan terhindar dari tindakan "skimming" atau penyalinan data seperti yg terjadi pada kartu berteknologi magnetik.

Achris menjelasnkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan kampanye kartu berlogo GPN adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kebijakan dan ekosistem GPN, serta meningkatkan akseptasi masyarakat terhadap implementasi kebijakan GPN terutama dalam hal mendorong masyarakat guna memiliki, menerima penggunaan, dan memanfaat kartu ATM/debit dan kanal pembayaran berlogo nasional.

"Kegiatan kampanye GPN juga diharapkan sebagai salah satu momentum pendorong kebangkitan NTB terutama di sektor perekonomian setelah mengalami bencana gempa bumi beberapa waktu yang lalu," katanya.

Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Rosiady Sayuti menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan seluruh perbankan yang telah berhasil mewujudkan suatu sistem yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas dalam Gerbang Pembayaran Nasional.

Launching kartu GPN juga dilakukan secara serentak di Kota-Kota lain di seluruh Indonesia. Dalam acara launching di CFD Mataram, tercatat kurang lebih sebanyak 500 penukaran kartu lama ke kartu baru berlogo GPN yang dilakukan oleh nasabah perbankan.

Rangkaian kegiatan kampanye GPN di NTB berlangsung sampai dengan tanggal 2 November 2018. Selanjutnya Bank Indonesia mengharapkan masyarakat di Provinsi NTB sudah mulai menggunakan kartu GPN karena seluruh perbankan di Provinsi NTB telah menyediakan kartu baru berlogo GPN bagi nasabahnya. K18