Ikut Jambore Tingkat Nasional, PKK Lombok Barat Paparkan Inovasinya

Advertisement

Ikut Jambore Tingkat Nasional, PKK Lombok Barat Paparkan Inovasinya

Redaksi KATAKNEWS
Rabu, 03 Oktober 2018

KATAKNEWS/Dok Humas Lombok Barat

JAMBORE NASIONAL. Tim Penggerak PKK Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) berpose bersama di sela kegiatan JamborePKK Tingkat Nasional di Jakarta.


JAKARTA, KATAKNEWS.com - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tercatat sebagai salah satu peserta aktif dalam Puncak Kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional yang ke-46, yang dibuka Presiden Joko Widodo, Selasa (2/10) di Ball Room Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

HKG PKK ke-46 Tahun 2018 ini mengangkat Ekonomi Keluarga dan Penguatan Koperasi sebagai tema utamanya.

Acara tersebut juga diiringi dengan Jambore Kader PKK Tingkat Nasional Tahun 2018.

Rombongan TP PKK Lombok Barat dipimpin Ketua TP PKK, Hj Khaeratun Fauzan Khalid, menjadi salah satu TP PKK percontohan yang diberi kesempatan memaparkan inovasi-inovasi yang dianggap berhasil di daerah.

Presiden Joko Widodo memuji kreativitas ekonomi dan produk yang dihasilkan oleh para kader PKK.

Hanya saja, menurut Jokowi kemasan produk harus ditingkatkan lagi agar mampu bersaing.

"Saya berharap agar Badan Ekonomi Krearif (Bekraf) bisa memfasilitasi produk milik PKK agar bisa bersaing di pasar global," katanya.

TP PKK Lombok Barat sendiri cukup optimis dengan apa yang disampaikan oleh Presiden.

Ketua TP PKK Lobar, Hj. Khaeratun Fauzan Khalid mengatakan yang menjadi ketua rombongan menyatakan bahwa saat ini pengembangan ekonomi keluarga di pedesaan sudah aktif melibatkan PKK.

"Rata-rata desa kita memiliki usaha kecil menengah. Sebagian besarnya didorong dan digerakkan oleh para kader. Apalagi saat ini sudah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa lewat ADD dan Dana Desa," terang istri orang nomor satu di Lobar itu.

PKK Lobar sendiri mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Jambore yang direncanakan berlangsung tiga hari dan akan ditutup esok hari Kamis 4 Oktober 2018.

Belasan orang pengurus TP PKK Lobar dan ditambah dengan PKK Desa Montong Are bergabung dalam TP PKK Provinsi NTB untuk aktif dalam kegiatan, mulai dari devile, pameran produk, dan pemaparan prestasi daerah.

Hj. Khaeratun pun berharap pada Jambore Nasional ini dapat memacu gerak aktivitas TP PKK dalam menjalankan program kerjanya di empat kelompok kerja (pokja) yang ada.

"Saya yakin para peserta akan mendapat banyak manfaat dalam kegiatan ini. Paling tidak semakin menambah semangat keikhlasan dalam bekerja untuk masyarakat," tukasnya.

Dalam kegiatan jambore itu sendiri, PKK Lobar berkesempatan memaparkan kelebihannya.

Melalui Ketua TP PKK Desa Montong Are Kecamatan Kediri, Lobar tercatat memiliki prestasi gemilang di tingkat Nasional.

Mewakili NTB, Ketua TP PKK Desa Montong Are, Siti Zainab diminta memaparkan kesuksesannya dalam mengadministrasikan seluruh kegiatan, terutama di bidang ekonomi desanya.

Zainab bersama Khaeratun akan memaparkan inovasi yang membuat PKK desa tersebut bisa meraih juara tingkat nasional di bidang administrasi tahun lalu. K18