Taman Nasional Moyo Satonda di NTB Berpeluang Diresmikan Tahun Ini

Advertisement

Taman Nasional Moyo Satonda di NTB Berpeluang Diresmikan Tahun Ini

KATAKNEWS.com
Selasa, 10 Juli 2018


PULAU SATONDA. Pemandangan danau Satonda di Pulau Satonda, Kabupaten Dompu, NTB. Bersama pulau Moyo, Satonda diusulkan menjadi kawasan Taman Nasional Moyo Satonda.(KATAKNEWS/Foto: Instagram/Afiholle)



MATARAM, KATAKNEWS.com - Pemprov NTB menyatakan pembentukan kawasan Taman Nasional (TN) Moyo Satonda berpeluang diresmikan pemerintah RI tahun 2018 ini.

"Kita harapkan bisa terwujud TN Moyo Satonda ini di saat pelaksanaan seremoni Sail Moyo Tambora, September nanti di Sumbawa," kata Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB, H Chairul Mahsul, Selasa (10/7) di Mataram.

Dipaparkan, dokumen usulan pembentukan TN Moyo Satonda sebelumnya sudah diajukan oleh Pemprov NTB melalui Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) NTB bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi NTB, kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.

Baca Juga : Presiden Jokowi akan Buka Sail Moyo Tambora di Sumbawa

Belajar dari pengalaman pembentukan Taman Nasional Gunung Tambora, papar Chairul, diperkirakan TN Moyo Satonda pun akan bisa diresmikan tahun ini. Sebab, semua tahapan dan dokumen usulan sudah berada di Kementerian KLH saat ini.

"Waktu TN Gunung Tambora juga begitu, cukup cepat prosesnya. Ditandatangani Menteri KLH dan langsung diresmikan Presiden Jokowi pada April 2015 lalu," katanya.

Kawasan Taman Nasional Moyo Satonda yang diusulkan meliputi wilayah pulau Moyo dan pulau Satonda di perairan laut pulau Sumbawa. Saat ini dua kawasan itu masih berstatus sebagai Taman Wisata Alam (TWA) yang dikelola pihak BKSDA NTB.

Penetapan kawasan TN Moyo Satonda diharapkan dapat lebih memaksimalkan fungsi konservasi sekaligus mempromosikan kawasan itu sebagai destinasi pariwisata.

Chairul mengatakan, rencananya Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam kegiatan puncak seremoni Sail Moyo Tambora 2018 di Sumbawa pada 9 September mendatang.

"Kita harapkan Presiden bisa sekaligus meresmikan TN Moyo Tambora ini," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Koordinator Kemaritiman, Agus Purwoto mengatakan, dalam rangkaian puncak seremoni Sail Moyo Tambora 2018, sejumlah Kementerian dan Lembaga akan ikut terlibat, termasuk juga Kementerian KLH.

Menurut Agus, Presiden Jokowi akan menghadiri acara itu bersama para diplomat sejumlah negara. Sehingga ada kemungkinan TN Moyo Samota sekaligus diresmikan dalam kegiatan tersebut.

"Pak Presiden akan hadir dalam Sail Moyo Tambora. Ya semoga saja TN Moyo Samota bisa diresmikan saat itu," katanya.

Seperti diketahui pulau Moyo merupakan sebuah pulau kecil di perairan pulau Sumbawa. Terletak di wilayah adminsitratif Kabupaten Sumbawa, eksotisme pulau Moyo sudah terkenal secara internasional.

Mendiang Ratu Inggris, Lady Diana, pernah menghabiskan liburannya di pulau Moyo, demikian juga dengan sederet selebriti internasional dan sejumlah tokoh dunia.

Begitu pun dengan pulau Satonda, yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Dompu. Pulau Satonda merupakan sebuah daratan yang terbentuk oleh letusan gunung api dari dasar laut jutaan tahun lalu.

Hamparan pasir putih terhampar di sepanjang pantai pantai yang mengelilingi pulau Satonda. Di pulau ini juga ada Gunung Satonda yang diyakini berumur lebih tua dari Gunung Tambora dan juga Danau Satonda, sebuah danau berair asin yang terletak di tengah pulau.

Selain keindahan alam, pulau Moyo dan Satonda juga merupakan destinasi yang kaya akan keanekaragaman hayati dengan flora dan fauna lokal yang masih lestari.  K18




Editor : Bara Elank