Hingga Minggu Siang Bandara di Lombok Masih Beroperasi Normal

Advertisement

Hingga Minggu Siang Bandara di Lombok Masih Beroperasi Normal

Minggu, 26 November 2017

GM LIA, I Gusti Ngurah Arditha. (KATAKNEWS.com/Bara Elank)
MATARAM, KATAKNEWS.com - Bandara di Lombok, NTB, Lombok International Airport (LIA) masih beroperasi dengan normal, Minggu (26/11/2017). Pihak Angkasa Pura I sebagai pengelola LIA menyatakan Bandara masih aman dan belum terdampak debu vulkanik erupsi Gunung Agung Bali.

"Sampai sekarang operasional LIA masih buka dan normal," kata GM LIA, I Gusti Ngurah Arditha, Minggu siang (26/11/2017).

Baca Juga: Penyeberangan Laut Lombok-Bali Belum Terpengaruh

Menurut Arditha, erupsi Gunung Agung Bali yang terus terjadi hingga Minggu pagi, menjadi atensi penerbangan. LIA bersama sejumlah unsur komunitas bandara seperti maskapai, ground handling, Air Nav, dan BMKG, sudah melakukan rapat koordinasi pada Minggu (26/11/2017).

Hasil koordinasi menyebutkan, kondisi LIA di Lombok Tengah, masih relatif aman dan belum terdampak tebaran debu vulkanik secara signifikan. Baik dari hasil pengamatan paper test, maupun dari peralatan LIDA milik BMKG.

Baca Juga: Garuda Batalkan 15 Penerbangan di LIA

"Dari hasil pemantauan menggunakan paper test dan alat LIDA dari BMKG menunjukan radius 10 Km dari LIA masih aman dari debu vulkanik Gunung Agung Bali. Tapi kita terus pantau karena ini kan bencana alam," katanya.

Selain itu pemantauan penerbangan juga terus dilakukan dengan informasi dari pilot maskapai yang terbang.

Namun demikian, kata Arditha, pihak LIA juga akan terus memantau perkembangan ke depan untuk mengantisipasi dampak terburuk. Saat ini LIA sudah menyiapkan EOC untuk krisis center dan update informasi untuk pengguna jasa penerbangan di LIA. K4

Editor: Bara Elank