Sukses Kawal Misi Perdamaian di Lebanon, Anggota Yonif 742/SWY Disambut Bunga dan Apresiasi Kebanggaan -->

Sukses Kawal Misi Perdamaian di Lebanon, Anggota Yonif 742/SWY Disambut Bunga dan Apresiasi Kebanggaan

Redaksi
Minggu, 31 Desember 2017

Kolonel Inf Farid Makruf mengalungkan bunga pada anggota Konga UNIFIL 2017.
MATARAM, KATAKNEWS.com - Sebanyak 28 anggota TNI dari Yonif 742 Satria Wira Yudha (SWY) yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) 2017, kembali ke satuan induk Yonif 742/SWY setelah sukses melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon selama satu tahun.

Upacara penyambutan dipimpin Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf H Farid Makruf, Minggu (31/12) di lapangan Gebang Mataram, diikuti oleh ratusan personil TNI gabungan dari Korem 162/WB, Balakyan Korem 162/WB, dan jajaran Kodim 1606/Lombok Barat, serta anggota Yonif 742/SWY.

Danrem 162/WB Kolonel Farid Makruf menyampaikan selamat datang dan apresiasi serta kebanggan kepada para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Konga UNIFIL Tahun 2017 yang telah membawa harum nama satuan TNI AD umumnya, dan Yonif 742/SWY khususnya.
Danrem Farid menyampaikan apresiasi pada anggota Konga UNIFIL 2017.
28 orang anggota TNI atau setara dengan satu satuan peleton itu telah berhasil dalam menjalankan misi perdamaian di daerah tugas operasi perdamaian di negara Lebanon.

Baca Juga: Haru dan Bahagia Keluarga Bercampur Sambut Kepulangan Konga UNIFIL 

Sebagai ungkapan apresiasi dan kebanggaan, Danrem Farid bersama Kasrem 162/WB Letkol Inf Heri Setiyanto, para Kasi Korem 162/WB, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB beserta Ibu-ibu Persit mengalungkan bunga kepada tiga orang perwakilan Satgas yakni Lettu Inf Taura Maheru, Serda Nyoman Jaya Wardhana dan Pratu Kadek Agus Budi Arsana.

"Selama keberadaan mereka di daerah operasi, mereka menerapkan konsep ilmu teritorial yang sudah lama kita terapkan di negara kita Indonesia, sehingga dengan mudah mereka diterima dan berbaur dengan masyarakat di tempat tugas. Bahkan rakyat Lebanon sudah merasa Indonesia sebagai bagian dari mereka," kata Danrem Farid.

Danrem Farid menjelaskan, selain berhasil menjaga perdamaian, selama di Lebanon para prajurit juga mampu mencatat prestasi dalam berbagai lomba yang digelar saat peringatan HUT Tentara Lebanon, yang diikuti oleh tentara dari berbagai negara yang terlibat dalam misi perdamaian di Lebanon.

"Kesuksesan dan keberhasilan yang merupakan kebanggaan kami disini yakni mereka berhasil memenangkan kejuaraan ataupun lomba pada saat HUT Tentara Libanon yang diikuti oleh tentara dari berbagai negara yang ikut dalam misi perdamaian di sana," katanya.
Seorang anak menyerahkan bunga pada anggota Konga UNIFIL 2017.
Pada cabang olahraga renang 100 M gaya dada, Serda Nyoman Wardana berhasil meraih juara III, sedangkan pada lomba menembak senapan jarak 100 M Serda Fyschailan berhasil meraih juara II dan Pratu Kadek Agus Budi menduduki urutan ke 5 pada lomba lari 10 K.

Selain itu cabang olahraga Volley, Praka Putu Budiada juga berhasil meraih juara I dan Pratu Faisal Ridho juga berhasil meraih juara II pada cabang olahraga futsal.

"Kepada personel yang baru saja kembali agar segera menyesuaikan diri baik terhadap lingkungan satuan, keluarga, maupun masyarakat sekitar tempat kalian bertugas sehingga ke depan dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi," kata Danrem Farid.

Seperti dilansir laman Portal Komando, secara nasional Kontingen Garuda TNI dalam misi PBB UNIFIL 2017 yang dipimpin Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman, bertugas sejak tanggal 15 Desember 2016 lalu, dan mengakhiri masa tugasnya melalui upacara Transfer of Authority (TOA) di Force Head Quarter Support Unit, Lebanon, pertengahan Desember 2017 lalu.

TOA atau serahterima otoritas kendali operasi itu diawali dengan penyerahan bendera PBB dari Komandan Kontingen Garuda TNI Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman kepada Kolonel Inf Murbiyanto Adhi Wibowo dan dilanjutkan penandatanganan memorandum.
Danrem Farid menyapa keluarga anggota Konga UNIFIL 2017.
Tugas Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman bersama jajaran Satgas Konga UNIFIL 2017, selanjutnya diemban oleh Kolonel Inf Murbiyanto Adhi Wibowo selaku Komandan FHQSU (Force Head Quarter Support Unit) sekaligus sebagai Komandan Satgas Konga UNIFIL 2018.

Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif kepada Kontingen Garuda TNI UNIFIL 2017 sehingga dapat mengakhiri misi perdamaian PBB UNIFIL di Lebanon Selatan dengan baik.

Kegiatan TOA dihadiri Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI Achmad Chozin Chumaidy, Para Pejabat UNIFIL, Sector East Commander, SLS Commander, CLLO, Chief of Civil Affairs, Indonesian Deffense Attache, Perbinlu RI dan lainnya.

Deputy Force Commander UNIFIL, Major General Shivaram Kharel dari Nepal bertindak selaku Inspektur Upacara dalam kegiatan TOA.

Shivaram mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Satgas Konga UNIFIL 2017 yang telah menunjukkan profesionalisme dan dedikasi selama menjalankan misi penjaga perdamaian PBB, khususnya di wilayah Lebanon Selatan.

Beberapa pujian dari tamu undangan juga disampaikan langsung kepada Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman di saat acara ramah tamah. K18

Editor: Bara Elank
Foto-Foto : Penerangan Korem 162/Wira Bhakti