KPU NTB Coret Enam WNA yang Masuk Dalam DPT Pemilu 2019

Advertisement

KPU NTB Coret Enam WNA yang Masuk Dalam DPT Pemilu 2019

KATAKNEWS.com
Minggu, 10 Maret 2019

Ketua KPUD Provinsi NTB Suhardi Soud.


MATARAM - KPUD Provinsi NTB menyatakan telah mencoret enam nama warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di NTB untuk Pemilu 2019.

Kepada wartawan di Mataram, Sabtu (9/3) Ketua KPUD NTB Suhardi Soud menjelaskan, sebelumnya informasi dari KPU pusat terdapat ada tujuh orang WNA yang masuk DPT di NTB, namun setelah dilakukan verifikasi faktual hanya lima WNA yang masuk DPT, sedangkan dua orang lainnya merupakan WNI.

Lima WNA yang masuk DPT di NTB adalah Guillaume Andre Marcel asal Perancis (DPT Kabupaten Lombok Barat), Rex Cummins asal Australia (Lombok Barat), Hendrikus asal Belanda (Lombok Barat), Panagiotis Xydias dari Yunani (Dompu), dan Hiromi Kanno dari Jepang (Kota Mataram).

Sementara dua nama lain yakni M Ibrahim dan Mahyuni merupakan WNI yang secara sah masuk dalam DPT di Lombok Barat dan Mataram.

Ia menjelaskan, adanya WNA yang masuk dalam DPT berdasarkan informasi KPU RI yang bersumber pada Kemendagri.

Selain lima WNA tersebut, KPUD NTB juga mendapatkan tambahan informasi adanya satu WNA asal Jepang bernama Utako Uematsu yang masuk dalam DPT di Kabupaten Sumbawa Barat.

"Sebelumnya lima, kemudian tambah satu lagi warga negara Jepang di Sumbawa Barat, kita coret juga. Jadi sampai sekarang ada enam WNA yang sudah kita coret dari DPT di NTB karena tidak memenuhi persyaratan sebagai pemilih lantaran berstatus kewarganegaraan asing," katanya.