Penerbangan AirAsia Rute Lombok-Perth akan Dimulai Awal Juni

Advertisement

Penerbangan AirAsia Rute Lombok-Perth akan Dimulai Awal Juni

KATAKNEWS.com
Kamis, 21 Februari 2019

Maskapai AirAsia/Ilustrasi

MATARAM - Penerbangan langsung AirAsia rute Lombok-Perth akan dimulai awal Juni 2019. Rute baru AirAsia ini diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Lombok, NTB, terutama wisman asal Australia.

"AirAsia akan terbang perdana (untuk rute Lombok-Perth) 9 Juni nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal, usai pertemuan bersama manajemen AirAsia, Rabu (20/2) di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Menurutnya, untuk penerbangan Lombok-Perth ini penjualan tiket akan dimulai pada awal Maret, dan akan dilaunching bersama AirAsia sekaligus mempromosikan rute baru ini.

Faozal mengatakan, untuk menyongsong rute baru AirAsia itu, Kementerian Pariwisata akan memfasilitasi para pelaku industri pariwisata di Lombok untuk melakukan sales mission ke Perth, Australia.

"28 Maret kita bersama Kemenpar fasilitasi teman industri Lombok ke Perth untuk sales mission," katanya.

Kasubdit Area IA Regional IV Kemenpar RI, Arya Galih Anindita mengatakan, selain sales mission di Perth, Kemenpar juga melakukan strategi online dan offline untuk mempromosikan Lombok.

"Untuk online kita akan kerjasama ciptakan awareness, offline kerja sama sales di Australia yang memiliki jaringan retail store dan agen menjual paket ke Lombok. AirAsia juga memiliki kantor di Perth," katanya.

Station Manager AirAsia Lombok, Didit Indra mengatakan, AirAsia mengapresiasi Kemenpar dan Pemprov NTB yang sudah mendukung optimalisasi penerbangan AirAsia untuk rute Lombok-Perth.

"Kami berharap rute ini bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan pariwisata di NTB," katanya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) NTB, Awanadhi Aswinabawa mengatakan, wisman dari Australia selalu masuk dalam lima besar kunjungan terbanyak ke NTB. Sehingga dengan dibukanya penerbangan langsung ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan selanjutnya.

"Penerbangan AirAsia semoga bisa sukses, sehingga pascagempa bisa jadi kebangkitan kita semua. Dari industri kita juga sudah siapkan paket-paket wisata dari australia kerjasama dengan agen dari Australia juga. 28 Maret kita ada sales missions ke Australia semoga bisa kita maksimalkan," katanya.MP05/Ari