Jalin Kerjasama Pendidikan dengan UPSI, Gubernur NTB akan Berkunjung ke Malaysia

Advertisement

Jalin Kerjasama Pendidikan dengan UPSI, Gubernur NTB akan Berkunjung ke Malaysia

KATAKNEWS.com
Jumat, 22 Februari 2019

Karo Humas Pemprov NTB Najamuddin Amy (Dua dari kiri) didampingi Kabag Kerjasama Pemerintahan, Lalu Ismunandar (Paling kanan) dalam jumpa pers di kantor Gubernur NTB


MATARAM - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjalin kerjasama pendidikan dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), salah satu perguruan tinggi ternama di Malaysia.

Dalam waktu dekat Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan rombongan perwakilan Pemprov NTB akan melakukan kunjungan ke  Malaysia kali ini dalam rangka untuk mengikat nota kesepahaman (MoU) dengan UPSI.

Penandatanganan MoU antara Pemprov NTB dan UPSI akan dilaksanakan pada hari Senin 25 Februari 2019, di UPSI, Malaysia.

"Nota Kesepahaman akan ditandatangani oleh Dr H Zulkifliemansyah selaku Gubernur NTB dan Prof Dato' Dr. Mohammad Shatar Sabran Wakil Rektor UPSI UPSI," kata Kepala Biro Humas Pemprov NTB, Najamuddin Amy didampingi Kabag Kerjasama Pemerintahan Biro Administrasi Kerjasama Setda Pemprov NTB, Lalu Ismunandar, dalam jumpa pers Jumat (22/2) di kantor Gubernur NTB.

Dipaparkan, kerjasama tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia NTB, mempererat hubungan baik dengan Malaysia, meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi dan memperkenalkan budaya NTB di Malaysia.

Seperti diketahui bahwa UPSI adalah salah satu universitas di Malaysia yang didirikan pada 1 Mei 1997 melalui Surat Kerajaan PU(A) 132 & 133, tanggal 24 Februari 1997.

UPSI adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Malaysia, UPSI menawarkan 100 program sarjana, pascasarjana, doktoral dan jenjang spesial.

UPSI masuk dalam daftar Perguruan Tinggi terbaik di Malaysia. Universitas ini memiliki beberapa fakultas di antaranya Bahasa, Seni & Musik, Ilmu Kognitif & Pengembangan Manusia, Sains & Teknologi, Teknologi informasi & Komunikasi, Bisnis &Ekonomi, Ilmu Olahraga dan Ilmu Sosial &Humaniora.

Ia menjelaskan, dengan diadakannya kesepakatan ini, Pemerintah Provinsi NTB akan membentuk kegiatan-kegiatan yang menunjang dalam kerjasama dalam aspek pendidikan, kebudayaan, kesenian dan pariwisata.

"Salah satunya dengan kegiatan pengembangan SDM melalui program pengiriman mahasiswa asal NTB ke UPSI Malaysia, sehingga nantinya program ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing," katanya.

Menurutnya, selain MoU dengan UPSI, dalam kunjungan ke Malaysia, Gubernur Zulkieflimansyah juga akan menghadiri beberapa kegiatan lain, seperti Pameran atau Expo Dekranasda, silaturrahmi dengan masyarakat rantau NTB di Malaysia, dan pertemuan dengan Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.