KMP Kalebi Kandas di Gili Lebur akibat Angin Kencang dan Hujan Deras di Selat Alas

Advertisement

KMP Kalebi Kandas di Gili Lebur akibat Angin Kencang dan Hujan Deras di Selat Alas

Kamis, 03 Januari 2019

KAPAL KANDAS. Penumpang kapal KMP Kalebi berhasil dievakuasi di pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, setelah kapal yang mereka tumpangi sempat kandas di Gili Lebur.(KATAKNEWS/Foto: Humas Basarnas)


MATARAM - Angin kencang dan hujan deras yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kamis (3/1) membuat sebuah kapal penyeberangan rute Sumbawa-Lombok, KMP Kalebi, kandas pulau kecil Gili Lebur, di dekat Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda menjelaskan, KMP Kalebi bertolak dari pelabuhan Kayangan, Lombok Timur dengan tujuan pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, sekitar pukul 12.40 Wita.

Namun satu mil perjalanan, kapal tersebut kandas di Gili Lebur, pulau kecil di perairan Lombok Timur.

"Kapal kandas di Gili Lebur, dilaporkan penyebabnya karena angin kencang dan hujan lebat yang menyebabkan jarak pandang nahkoda jadi terganggu," kata Wiswanda.

Menurutnya, proses evakuasi penumpang kapal langsung diupayakan oleh pihak ASDP pelabuhan Kayangan Lombok Timur bersama Basarnas Lombok Timur.

Berdasarkan catatan, ASDP Kayangan kapal tersebut bermuatan 3 unit mini truk, 6 unit mobil station, 4 unit truk sedang, 1 unit Bis sedang, 2 unit Bus besar, 1 unit truk besar, 32 unit sepeda motor, dan 26 pejalan kaki.

Wiswananda mengatakan, tidak tercatat korban luka dalam kejadian itu. Semua penumpang berhasil dievakuasi Kamis sore menggunakan KMP Marina Quinta.

"Semua penumpang selamat dan berhasil dievakuasi. KMP Kalebi yang kandas juga sudah ditarik kembali ke Kayangan menggunakan KMP Marina Quinta," jelasnya.

Kepala ASDP Pelabuhan Kayangan, Cuk Prayitno membenarkan kejadian tersebut.

"KMP Kalebi Kandas di Gili Lebur, saat itu kondisi memang angin kencang dan hujan deras. Kami bersama dengan Syahbandar, SAR, Polsek, perwakilan Dishub langsung mengupayakan tindakan penanganannya, baik terhadap penumpangnya dan kapalnya," katanya saat dihubungi dari Mataram.

Menurutnya selain karena angin kencang dan hujan lebat, KMP Kalebi kandas diduga lantaran mengambil jalur putar yang terlalu lebar saat menghindari kapal lain yang akan berlabuh di Pelabuhan Kayangan. K18