Jalin LOI dengan Chodang University, NTB akan Kirim Perawat Belajar ke Korea

Advertisement

Jalin LOI dengan Chodang University, NTB akan Kirim Perawat Belajar ke Korea

KATAKNEWS.com
Selasa, 29 Januari 2019

LETTER OF INTENT. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bersama President Chodang University, Prof Park Jong Koo, menandatangani LOI kerjasama bidang Pendidikan dan Kesehatan, Selasa (29/1) di Kantor Giubernur NTB. (Foto: Humas Pemprov NTB)

MATARAM - Sebanyak 39 orang tenaga kesehatan khususnya perawat yang mewakili daerah Kota dan Kabupaten di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diberangkatkan untuk menempuh pendidikan lanjut di Chodang University, sebuah perguruan tinggi maju di Provinsi Jeolla, Korea Selatan.

Kepastian pemberangkatan tenaga kesehatan NTB itu dilakukan dengan penandatanganan Letter of Intent (LOI) atau dokumen pernyataan minat, antara Pemprov NTB dengan pihak Chodang University, Selasa (29/1) di kantor Gubernur NTB di Kota Mataram.

Penandatanganan LOI dilakukan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah bersama President Chodang University, Prof Park Jong Koo, PhD, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur, disaksikan rombongan dari Chodang University, Perwakilan Universitas Mataram, para Asisten Gubernur, Staf Ahli, dan kepala OPD Provinsi NTB serta hadirin lain yang hadir.

LOI yang ditandatangani menjadi awal kerjasama antara kedua belah pihak di bidang kesehatan dan pendidikan. Pemprov NTB akan mengirimkan putra-putri terbaik NTB untuk berkuliah dan mengeyam pendidikan pada bidang Kesehatan di Chodang University.

Gubernur Zulkieflimansyah berharap agar para utusan yang dikirim ke Korea Selatan benar-benar serius dan mampu memanage ekspektasi seluruh warga NTB nantinya.

"Saya harap adik-adik yang berangkat nanti bukanlah diniatkan untuk liburan, tapi untuk memanage ekspektasi seluruh warga NTB. Meretas jalan baru bagi kerja sama di bidang lain, menjadi pasukan khusus yang kami harapkan dapat menyelesaikan masalah, berkontribusi dalam pemikiran untuk NTB dan Indonesia yang kita cintai," kata Gubernur Zul.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi menjelaskan, proses rekrutmen dan seleksi untuk memberangkatkan tenaga kesehatan khususnya Perawat ke Chodang University sudah dilakukan.

"Kami telah melakukan test dan rekrutmen dan alhamdulillah terpilih 39 orang yang mewakili 9 kab/kota di NTB hanya KSB yang tdk terwakilkan. InshaAllah ke depannya bisa terwakili," kata Eka.

Menurutnya, para utusan terpilih merupakan tenaga kesehatan khususnya perawat lulusan D3 dari NTB, yang akan dikirim untuk belajar dan menyelesaikan program S1 di Chodang University.

"Kami berharap adik-adik kita yang hadir pada hari ini adalah duta korea pertama, khususnya di Chodang University di bidang kesehatan. Semoga kegiatan yang diawali dengan niat yang baik ini berjalan lancar dan apa yang dicita-citakan dapat tercapai," katanya.