IPI NTB Bakal Bawa 150 Travel Agent ke Lombok Agar Pariwisata NTB Makin Bangkit

Advertisement

IPI NTB Bakal Bawa 150 Travel Agent ke Lombok Agar Pariwisata NTB Makin Bangkit

Redaksi KATAKNEWS
Rabu, 09 Januari 2019

NTB BANGKIT. Jajaran IPI NTB bersama pelaku wisata menggelar koordinasi di Warung Sasak, Mataram.(KATAKNEWS/Istimewa) 


MATARAM - Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung recovery pariwisata NTB dengan mengundang tak kurang dari 150 travel agent untuk berkunjung ke Lombok, pertengahan Januari mendatang.

Travel agent dari sejumlah daerah seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali ini akan menyaksikan pengukuhan kepengurusan IPI NTB sekaligus peresmian Desa Wisata Batujai, di Lombok Tengah.

Mereka juga akan menikmati wisata alam dan camping di kawasan air terjun Benang Stokel, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Lombok Tengah.

"Kegiatannya akan kita laksanakan 14-16 Januari mendatang. Itu ada 150 travel agent dari luar NTB dan sekitar 100 dari Lombok yang ikut meramaikan," kata Sekretaris IPI NTB, Saiful Amin, Selasa (8/1) di Warung Sasak, Kota Mataram.

Saiful mengatakan, kegiatan tersebut diinisiasi IPI NTB untuk mempromosikan wisata Lombok.

Selain itu, juga untuk mengabarkan ke dunia luar bahwa kondisi Lombok sudah benar-benar aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Kegiatan ini menurut dia didukung oleh jejaring IPI seluruh Indonesia, yang punya semangat bersama untuk membantu percepatan NTB Bangkit.

Untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan maksimal, IPI NTB berdiskusi dengan sejumlah pelaku wisata Lombok di Warung Sasak, Mataram.

"Kita minta masukan dan saran dari rekan-rekan hotel dan pelaku industri kreatif, UMKM, agar kegiatan ini bisa maksimal," kata owner Warung Sasak yang juga anggota IPI NTB, Bung Wir.

Wir menjelaskan, pada 14 Januari nanti, rangkaian kegiatan akan dibuka di Desa Batujai, Lombok Tengah.

Disini, IPI NTB bersama Pokdarwis Desa Batujai akan menampilkan atraksi budaya prosesi "Merariq".

"Kita akan tampilkan prosesi Sorong Serah Aji Krama dalam rangkaian merariq, selain itu juga ada atraksi seni rudat, kelentang dan hiburan lainnya," kata Wir.

Wir mengatakan, dalam kegiatan tersebut rencananya Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah akan hadir, dan Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT juga akan meresmikan Desa Wisata Batujai.

Selepas kegiatan di Desa Batujai, acara akan dilanjutkan ke Desa Aik Berik, Lombok Tengah.

Di Desa yang memiliki ikon wisata alam air terjun Benang Stokel ini, Bupati Lombok Tengah  HM Suhaili FT dan Wabup H Fathul Bahri akan hadir sekaligus mempromosikan jalur pendakian Gunung Rinjani melalui Aik Berik, jalur baru yang juga menantang bagi wisatawan penggemar trekking.

"Di Aik Berik, para peserta dan undangan akan bermalam dengan camping di sekitar air terjun Benang Stokel. Kita juga sediakan kegiataan cocking class dan sejumlah atraksi budaya," katanya.

Wir mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan para travel agent dan anggota IPI se-Indonesia bisa melihat langsung bahwa NTB memang sudah aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Harapannya, mereka bisa kembali mendorong paket-paket wisata dengan destinasi Lombok, NTB ke depannya.

Sekretaris IPI NTB, Saiful Amin menambahkan, selain ke Batujai dan Aik Berik di Lombok Tengah, para travel agent ini juga akan diajak ke kawasan KEK Mandalika, dan pada 16 Januari ke Gili Trawangan, Lombok Utara.

"Beberapa rekan hotel da restauran di Gili Trawangan juga sudah merespons kegiatan ini," katanya.

Di Lombok Utara, Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar rencananya juga akan ikut untuk mempromosikan NTB Bangkit tersebut. K18/*