Dandim Lombok Barat Minta Pengamanan Gudang Logistik Dilengkapi Kamera CCTV

Advertisement

Dandim Lombok Barat Minta Pengamanan Gudang Logistik Dilengkapi Kamera CCTV

Redaksi KATAKNEWS
Selasa, 08 Januari 2019

KESIAPAN PEMILU. Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto saat mengunjungi kantor Bawaslu Lombok Barat.(KATAKNEWS/Foto: Penrem 162 WB)

MATARAM -  Dalam rangka memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman, Senin (7/1), Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Joko Rahmanto, S.IP., bersilaturrahmi ke kantor Bawaslu dan KPUD Lombok Barat, Kota Mataram dan Lombok Utara yang merupakan wilayah teritorial Kodim 1606/Lobar.

Selama silaturrahmi, Dandim juga meninjau kesiapan peralatan dan sistem pengamanan gudang logistik di masing-masing Kabupaten/Kota untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kedatangan Dandim Lobar tersebut disambut ketua KPU maupun Bawaslu Kabupaten/Kota yang dikunjunginya.

Dalam kunjungan tersebut, Dandim lebih banyak menekankan agar KPU maupun Bawaslu lebih koordinatif dengan pihak aparat terkait karena TNI dan Polri siap mengamankan pelaksanaan Pemilu pada April mendatang.

“Terkait dengan kotak suara harus mendapat perhatian ekstra mulai dari pergeseran dari TPS ke desa maupun dari desa ke Kantor Kecamatan, mengingat penghitungan suara berbeda dengan Pemilu yang lalu. Penghitungan suara untuk saat ini akan dilakukan secara terpusat di Kantor Camat bukan lagi di masing-masing TPS dan Kantor Kelurahan atau Desa setempat," ujar Dandim kepada KPU maupun Bawaslu.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Kodim Lobar tersebut mengingatkan agar tetap waspada terhadap adanya kemungkinan terjadinya kecurangan saat pergeseran kotak suara tersebut, dan jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan konflik antar kandidat maupun timses masing-masing Caleg maupun Capres.

Ketika meninjau gudang logistik KPUD Kota Mataram, Akmil lulusan 98 tersebut menyarankan kepada Ketua KPUD agar sistem pengamanan logistik dilengkapi dengan CCTV selain menggunakan sistem pengamanan perorangan sehingga lebih memudahkan pemantauan dan pengawasan. Bila memungkinkan menggunakan tekhnologi yang dapat diakses melalui HP pejabat yang berkompeten dalam pengamanan tersebut.

Menurutnya selain penyempurnaan pengamanan dengan peralatan CCTV, juga perlu diperhatikan lokasi gudang logistik agar terhindar dari bahaya bencana banjir dan lainnya, bila perlu ditambah juga dengan areal resapan banjir.

Dandim menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan pesta demokrasi dengan bebas, langsung, umum dan rahasia tanpa adanya unsur tekanan maupun intimidasi dari pihak manapun. K24/Penrem 162 WB