Pastikan Listrik Aman, PLN NTB Siagakan Ratusan Personil Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Advertisement

Pastikan Listrik Aman, PLN NTB Siagakan Ratusan Personil Selama Libur Natal dan Tahun Baru

KATAKNEWS.com
Sabtu, 22 Desember 2018

KESIAPSIAGAAN PLN. Petugas PLN NTB memeriksa kesiapan peralatan. Sepanjang libur Natal dan Tahun Baru PLN NTB menyiagakan lebih dari 900 personil untuk mengamankan pasokan listrik di Lombok dan Sumbawa. (KATAKNEWS/Foto: PLN NTB) 


MATARAM -  PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW) NTB menyiagakan ratusan personil dan peralatan untuk mengamankan pasokan listrik selama libur Natal 2018 dan tahun baru 2019.

"Libur Natal dan tahun baru 2019 ini, sebanyak 946 personil yang tersebar di Lombok dan Sumbawa disiagakan selama 24 jam," kata General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka, Jumat (21/12) di Mataram.

Menurutnya, selain kesiapan personil, PLN juga memastikan kesiapan dari segi peralatan.

Beberapa peralatan yang disiapkan antara lain sebanyak 78 buah trafo distribusi,11 buah Unit Gardu Bergerak dan 21 buah mobile genset siap untuk memberikan layanan selama libur Natal dan tahun baru.

“Ini bentuk komitmen kami untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama perayaan Natal dan tahun baru 2019. Apalagi biasanya libur panjang seperti ini kunjungan wisatawan meningkat, ini tentu harus kita jaga,” kata Rudi.

Selama libur Natal hingga tahun baru, PLN UIW NTB juga memastikan tidak ada pemeliharaan di sisi jaringan.

“Kita pastikan tidak ada pemeliharaan yang mengakibatkan pemadaman selama libur Natal dan tahun baru ini. Pemeliharaan jaringan sudah kita lakukan sebelumnya. Mudah-mudahan dapat andal dalam menyalurkan listrik,” kata Rudi.

Meskipun telah dilakukan pemeliharaan, namun potensi listrik padam karena gangguan tetap ada, terutama yang disebabkan oleh faktor alam.

Selama libur Natal dan tahun baru, bagi masyarakat yang berlibur ke luar kota dalam jangka waktu cukup lama juga dihimbau untuk tetap memperhatikan keamanan instalasi listriknya.

"Matikan semua peralatan elektronik yang tidak diperlukan. Cabut kabel yang masih terhubung dengan instalasi listrik. Pastikan bepergian dengan meninggalkan rumah dalam kondisi aman," tambah Rudi.

Gelar Pasukan dan Peralatan

Sementara itu, Manajer Komunikasi PT PLN UIW NTB Taufiq Dwi Nurcahyo mengatakan, untuk memastikan keandalan listrik tersebut, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram juga melakukan gelar pasukan dan peralatan kerja dalam rangka menghadapi libur natal dan tahun baru.

"Gelar pasukan PLN UP3 Mataram dilakukan di Labuhan Carik, Lombok Utara. Gelar pasukan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada saat libur natal dan tahun baru," katanya. 

Selain itu, lanjutnya, gelar pasukan dan peralatan juga dilaksanakan oleh PLN UP3 Sumbawa dan Bima di halaman kantor masing-masing unit.

Taufiq menambahkan, apabila masyarakat mengalami kendala atau ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, layanan PLN tetap siaga selama 24 jam. 

Pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (0370 123 melalui handphone dan 123 melalui PSTN), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, email pln123@pln.co.id ataupun melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui App Store dan IOS. K18/*