Nicolaus Copernicus University Polandia Buka Peluang Kerjasama dengan NTB

Advertisement

Nicolaus Copernicus University Polandia Buka Peluang Kerjasama dengan NTB

Redaksi KATAKNEWS
Rabu, 05 Desember 2018

BAHAS KERJASAMA. Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi istri Niken Saptarini, membahasa peluang kerjasama NTB dengan Nicolaus Copernicus University (NCU), di Kota Torun, Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Polandia. (KATAKNEWS/Foto : Mas Eko)   

TORUN, POLANDIA - Nicolaus Copernicus University (NCU), di Kota Torun, Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Polandia menyambut peluang kerjasama bidang pendidikan yang mungkin terjalin dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia.

Peluang kerjasama pendidikan itu terungkap dalam pertemuan Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Kepala Departemen Bioanalisis dan Kimia Lingkungan NCU, Profesor Bogusław Buszewski, Selasa (4/12) di Kota Torun.

"Kami menawarkan cukup banyak beasiswa, termasuk di luar Sains (Kimia, Biologi dan Fisika) yang menjadi kurikulum utama," kata Prof Buszewski.

Baca Juga : NTB Jajaki Kerjasama Pendidikan dan Investasi dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia

Beasiswa tersebut antara lain di bidang pertanian, pengolahan, olahraga hingga musik (spesialisasi piano) dan astronomi.

Prof Buszewski mengatakan, sektor pekerjaan di Polandia hampir 50 persen bergerak di pertanian. Hal ini hampir sama dengan kondisi NTB yang menjadikan sektor pertanian sebagai sektor unggulan selain pariwisata.

"Tak banyak orang tahu bahwa di sini 50% sektor pekerjaan yang ada adalah pertanian. Oleh karenanya sains kami pun prioritaskan pada industri pengolahan hasil pertanian, selain bioteknologi atau bioenergi," katanya.

Ia menjelaskan, NCU juga sangat peduli dengan olahraga. Bahkan olahraga bagi kalangan difabel sudah dikembangkan selama 20 tahun terakhir.

Untuk ilmu astronomi, NCU memang ahlinya.

"Nama kampus kami diambil dari filsuf sekaligus astronom Copernicus. Dan jangan lupa kami juga ada jurusan musik, khususnya piano yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di Eropa,"  papar Prof Buszewski.

Dalam pertemuan tersebut, istri Gubernur yang juga Ketua Tim Penggerak PKK NTB, Niken Saptarini menjelaskan,  persoalan pembangunan kapasitas dan kualitas manusia, termasuk partisipasi perempuan di berbagai sektor yang terus ditingkatkan di NTB, terutama di pendidikan, kesehatan dan bahkan sosial politik.

"Siapa tahu di kampus NCU ada jurusan yang cocok dan relevan dengan bidang human capacity building, kami akan sangat senang untuk mengirimkan putra-putri kami ke sini," katanya.

Niken mengatakan, pertukaran pelajar di tingkat SMA antara NTB dan Torun maupun kota lain di Provinsi Kujawsko-Pomorskie, juga akan sangat bermanfaat.

"Misalnya selama 3 sampai 6 bulan mereka bisa saling berbagi pengalaman belajar dan hidup di negara lain, yang bisa jadi sangat berbeda situasi kondisi sosial, budaya dan lingkungannya," tukas Niken.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapreasiasi sambutan hangat NCU Polandia.

Ia memaparkan Pemerintah Provinsi NTB tengah mendorong pengembangan kapasitas, sumber daya manusia (SDM) NTB salah satunya dengan mengirimkan pemuda-pemuda NTB untuk menimba ilmu di luar negeri termasuk di Polandia.

"Kerja sama sebagai sister-city antara Provinsi NTB dan Kujawsko-Pomorskie menjadi potensi yang paling memungkinkan diwujudkan dalam waktu secepatnya," katanya.

Dari kerja sama tersebut, papar Gubernur Zul, diharapkan mampu menggenjot arus investasi dari Polandia ke Lombok dan Sumbawa, khususnya di bidang pariwisata, pembangkit energi baru dan terbarukan, serta pengelolaan sampah dan limbah.

Pada saat yang sama, pengiriman masif mahasiswa dari tingkat strata satu hingga doktoral, juga paralel untuk dikebut melalui nota kesepahaman yang dibangun para pimpinan kampus NTB yang ikut berangkat ke Polandia.

Seperti diketahui Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah menjajaki kerjasama bidang pendidikan dan investasi dengan Pemerintah Provinsi Kujawsko-Pomorskie Polandia.

Penjajajakan dimulai dengan kunjungan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah ke Polandia. Turut bersama Gubernur Zul, istri Gubernur yang juga Ketua TP PKK NTB Niken Saptarini Zulkieflimansyah bersama sejumlah Kepala Dinas/OPD Pemprov NTB.

Kunjungan Gubernur Zul disambut Marshal Provinsi Kujawsko-Pomorskie, Piotr Calbecki dan jajaran birokrasinya dengan sebuah jamuan pertemuan, Selasa (4/12) di Kota Lama Torun. K21/Eko