Menuju Zero Waste, NTB akan Kirim Perwakilan Belajar ke Warsaw University Polandia

Advertisement

Menuju Zero Waste, NTB akan Kirim Perwakilan Belajar ke Warsaw University Polandia

KATAKNEWS.com
Sabtu, 15 Desember 2018

KUNJUNGAN POLANDIA. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah (Jaket Biru) bersama rombongan Pemprov NTB berpose bersama jajaran petinggi Warsaw University, dalam kunjungan ke Polandia, Desember 2018.(KATAKNEWS/Istimewa)    


WARSAWA, POLANDIA - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengirimkan perwakilan untuk belajar pengelolaan sampah dan limbah, ke Warsaw University of Technology, Polandia, mulai Maret 2019 mendatang.

Kesepakatan kerjasama terjalin dalam pertemuan Direktur Departemen Teknologi Lingkungan, Warsaw University of Technology (WUT), Prof. Tomasz Szczgielski dengan Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Rabu (5/12) di Kampus WUT di kawasan Kota Tua Warsawa, Polandia.

"Buah manis pertemuan ini adalah bahwa mulai Maret tahun 2019, Pemprov NTB akan memberangkatkan masing-masing 3 orang wakil dari Kabupaten/Kota di NTB untuk belajar serius tentang program "Zero Waste Management" di Warsaw University of Technology, Polandia," kata Gubernur Zul.

30 orang perwakilan dari NTB itu akan belajar selama 6 pekan di kampus, dan melaksanakan kegiatan magang selama  pekan di perusahaan-perusahaan yang ada di Polandia, yang tercatat sukses dalam pengelolaan sampah atau limbah.

Selain 30 orang perwakilan itu, sebanyak 20 orang ASN dari Pemda Kabupaten dan Kota, serta Pemprov NTB juga akan menyertai masing-masing wakil dari Kabupaten/Kota di NTB tersebut.

Sekitar 50 orang yang diberangkatkan belajar ke Polandia ini, nantinya diharapkan bisa menjadi agen-agen perubahan dalam pengelolaan sampah dan limbah di daerah masing-masing Kabupaten/Kota.

Direktur Departemen Teknologi Lingkungan, Warsaw University of Technology (WUT), Prof. Tomasz Szczgielski mengatakan, pihaknya sangat berbangga bisa menjalin sebuah kesepakatan kerjasama dengan Pemprov NTB.

"Kami sangat terbuka dan mengapresiasi Pemerintah NTB yang memiliki kepedulian besar untuk isu-isu pendidikan, dan juga isu-isu lingkungan," katanya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama rombongan pejabat Pemprov NTB dan enam orang rektor dari 6 Perguruan Tinggi di NTB berkunjung ke Polandia untuk membuka peluang kerjasama di bidang pendidikan, ekonomi, investasi, dan pariwisata.

Selain Warsaw Universtity, Gubernur Zul dan rombongan juga berkunjung ke sejumlah Perguruan Tinggi lainnya di Polandia.

Kerjasama Beasiswa dengan Warsaw University 

Sebelumnya, pada Oktober lalu, Prof. Tomasz dari Departemen Teknologi Lingkungan Warsaw University of Technology juga telah berkunjung ke NTB.

Pada pertemuan pertama itu, Warsaw University menawarkan beasiswa Master Degree untuk 14 jurusan, yang akan mulai dilaksanakan pada Februari-Maret 2019.

14 jurusan itu antara lain Arsitektur, Bioteknologi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Listrik, Teknik Komputer, Telekomunikasi, Transportasi, Mekatronik (Mekanik dan Elektronik), Fotonik, Teknik Energi, Robotik, Teknik Manajemen dan Produksi serta Manajemen. K18/*