Kasrem 162/WB Bekali Wawasan Kebangsaan Pada Mahasiswa KKN Unram

Advertisement

Kasrem 162/WB Bekali Wawasan Kebangsaan Pada Mahasiswa KKN Unram

Redaksi KATAKNEWS
Jumat, 21 Desember 2018

WAWASAN KEBANGSAAN. Kasrem 162/Wira Bhakti, Letkol Inf Endarwan Yansori memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan kepada ribuan mahasiswa di Universitas Mataram. (KATAKNEWS/Foto: Penrem 162 WB)  

MATARAM - Kepala Staf Korem (Kasrem) 162/Wira Bhakti, Letkol Inf Endarwan Yansori berikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan kepada para mahasiswa pada kegiatan Pembekalan  KKN Pemberdayaan Bidang Kebencanaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Jumat (21/12) di Gedung Auditorium Universitas Mataram (Unram).

Pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan tersebut diikuti sekitar  2.750 orang mahasiswa Unram yang akan melaksanakan kegiatan KKN mulai pertengahan Januari 2019.

Mereka akan disebar di seluruh wilayah Pulau Lombok, khususnya di daerah daerah yang tekena dampak bencana gempa bumi beberapa bulan yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kasrem Endarwan Yansori mengajak para mahasiswa agar memiliki rasa kebangsaan, memahami tentang kebangsaan dan memiliki semangat kebangsaan.

Sebab, yang memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia bukan hanya TNI, tetapi seluruh warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Negara kita yang besar dan beraneka ragam, negara kita yang kaya akan segala sumber daya alam, harus kita jaga dan kita pelihara bersama sama," tegas Yansori.

Mantan Dandim 1604/Kupang ini mengimbau seluruh mahasiswa agar memegang teguh ideologi Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

Para mahasiswa juga diharapkan mengamalkan UUD 1945 secara murni dan konsekuen, mengimplementasikan Bhinneka Tungga Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta ikut serta dengan segala daya dan upaya untuk menjaga dan mempertahankan NKRI walaupun melalui profesi yang berbeda beda.

Mengakhiri ceramah Yansori berpesan, agar para mahasiswa tampil terdepan sebagai agen perubahan demi kemajuan bangsa dan negara karena nantinya akan berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia saat memegang tongkat estafet kepemimpinan dan pengelolaan negara di masa yang akan datang.

Para Mahasiswa sebagai generasi penerus harus memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki kepribadian yang baik, cinta dan setia kepada bangsa dan negaranya serta memiliki karakter yang kuat dalam menjaga nilai nilai budaya bangsa Indonesia. K18/Penrem162WB