Doktor Kurtubi, Yang Terus Konsisten Perjuangkan NTB di Kancah Nasional

Advertisement

Doktor Kurtubi, Yang Terus Konsisten Perjuangkan NTB di Kancah Nasional

KATAKNEWS.com
Senin, 17 Desember 2018

MENYUARAKAN NTB. Anggota DPR RI, Dr. H. Kurtubi, M. Sc, dalam sebuah kesempatan turun lapangan di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).(KATAKNEWS/Istimewa)


LOMBOK BARAT - Partai Nasdem boleh berbangga memiliki kader laiknya Dr. H. Kurtubi, M. Sc.

Salah satu putra terbaik NTB ini, dikenal sangat aktif menyuarakan aspirasi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB), selama ia duduk di kursi DPR RI.

Doktor Kurtubi, juga hanya satu dari sangat sedikit wakil rakyat dari NTB, yang mau konsisten untuk tetap turun ke lapisan masyarakat, dan memperjuangkan NTB di kancah nasional.

"Doktor Kurtubi ini  salah satu anggota DPR RI yang paling lantang memperjuangkan (masyarakat) NTB," kata Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemansyah.

Gubernur Zul yang juga lama duduk di kursi DPR RI sangat mengenal kiprah positif Kurtubi. Sebab, ia juga mitra kolega Kurtubi saat aktif menjadi anggota DPR RI.

Dr. H. Kurtubi, M. Sc, anggota DPR RI di Komisi VII, membidangi masalah energi dan sumber daya mineral serta bermitra dengan Kementerian ESDM, Kemenristekdikti, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Konsistensi Kurtubi pada cita-cita membangun masyarakat NTB juga yang membuat Ketua Umum Partai Nasdem H. Surya Paloh memiliki kedekatan khusus.

Kurtubi nampak mendampingi Surya Paloh  yang memberikan Kuliah Umum Kebangsaan di Bencingah Agung Pemerintah Kabupaten Lombok Barat di Gerung, Jumat (14/12) lalu.

Mendorong Rasio Kelistrikan 

Doktor Kurtubi merupakan tokoh politik sekaligus anggota DPR RI yang paling getol mendorong Kementerian ESDM dan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB.

Hal itu juga yang membuat percepatan rasio kelistrikan di NTB terus terpacu.

Data PLN Wilayah NTB menyebutkan rasio kelistrikan di NTBsaat ini sudah mencapai 93 persen, naik cukup signifikan dibanding tahun 2015 yang tercatat masih di bawah 80 persen.

"Saya berkali-kali minta agar Menteri ESDM dan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB, dan ini mulai berjalan ada hasilnya," kata putra asli Kediri, Lombok Barat ini.

Kepedulian Pada Rakyat Kecil

Selain perhatiannya pada kebutuhan infrastruktur daerah seperti listrik, alumni Colorado School of Mines Amerika itu pun dikenal getol  memperjuangkan nasib para rakyat kecil di NTB.

Ia terus konsisten mendorong bantuan perahu motor untuk para nelayan miskin di daerah pesisir dan pulau kecil di NTB.

Kurtubi juga mengupayakan pembangunan sumur bor beserta jaringannya untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat di daerah kering dan terisolir.

"Saya juga fokus membantu desa-desa menuntaskan persoalan sampah dengan memberikan kendaraan roda tiga, serta mengajukan  beasiswa untuk para mahasiswa," katanya.

Inovasi di Bidang Energi

Hal lain yang juga digerakkan oleh pakar energi itu adalah berinisiatif untuk pembangunan pembangkit listrik dari olahan sampah di TPA.

Selain persoalan tersebut, mantan staf ahli Komisaris  Pertamina itu akhir-akhir ini getol  menyuarakan perlunya pembangkit listrik tenaga nuklir.

Ia berpendapat, sudah saatnya nuklir menjadi alternatif agar industri di Indonesia bisa lebih cepat maju dan mampu menyuplai energi yang lebih bersih.

"Hal itu masih jadi prioritas perjuangan di masa mendatang, termasuk mendorong pembangunan global hub di Kayangan KLU," pungkas alumni SMPN 2 dan SMAN 1 di Mataram itu.

Untuk terus memperjuangkan gagasannya itu, Doktor Kurtubi pun berikhtiar kembali untuk maju dalam Pemilu Legislatif 2019.

Diusung oleh Partai Nasdem di Daerah Pemilihan NTB 2 (Pulau Lombok)  dengan nomor urut 1, Doktor Kurtubi ibarat mutiara Nasdem, yang kilaunya terus terasah di NTB ini. K18/*