Dipimpin Danrem 162 Wirabhakti, Upacara Peringatan Hari Juang Kartika Berlangsung Khidmat di Sumbawa Barat

Advertisement

Dipimpin Danrem 162 Wirabhakti, Upacara Peringatan Hari Juang Kartika Berlangsung Khidmat di Sumbawa Barat

Sabtu, 15 Desember 2018

HARI JUANG KARTIKA. Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani selaku inspektur upacara, memeriksa pasukan dalam Upacara Peringatan Hari Juang Kartika ke 73, Sabtu (15/12) di Sumbawa Barat.(KATAKNEWS/Foto: Penrem 162 WB)

SUMBAWA BARAT, KATAKNEWS.com - Upacara peringatan Hari Juang Kartika ke 73 berlangsung khidmat dipimpin Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, Sabtu (15/12) di lapangan Komuter Telu Center (KTC), Kantor Bupati Sumbawa Barat (KSB).

Upacara diikuti seluruh anggota Kodim 1628/Sumbawa Barat, 1 SSK Yonif 742/SWY, 1 SSK Brimob dan Polres KSB, 1 SSK gabungan Satpol PP, Dishub dan Basarnas, 1 SSK PNS Pemda KSB dan 1 SSK gabungan pelajar.

Usai pembacaan Amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman, Danrem Rizal, kemudian membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Andika Praksa.

Dalam amanatnya itu Kasad menyampaikan tema peringatan Hari Juang Kartika kali ini mengangkat tema "TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat" sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat.

Dijelaskannya, peristiwa Palagan Ambarawa dalam Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan Kolonial Belanda.

Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Selaku generasi penerus wajib menjadikan semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat sebagai pendorong pengabdian dalam menghadapi tantangan tugas masa depan yang semakin kompleks serta dinamis," katanya.

Mengakhiri sambutannya Kasad meminta agar momentum peringatan Hari Juang Kartika, kita manfaatkan untuk melakukan instropeksi serta koreksi diri agar kedepan mampu mewujudkan TNI-AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional.

Setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Juang Kartika yang merupakan HUT TNI AD ini diakhiri dengan Demonstrasi Defile yang dilaksanakan oleh seluruh pasukan upacara. K18/Penrem162WB