Danrem Rizal : Lestarikan Lingkungan dengan Reboisasi

Advertisement

Danrem Rizal : Lestarikan Lingkungan dengan Reboisasi

Redaksi KATAKNEWS
Jumat, 21 Desember 2018

REBOISASI. Danrem 162 WB, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani menanam pohon di acara Pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2018, di Lombok Barat.(KATAKNEWS/Foto: Penrem 162 WB)

LOMBOK BARAT -  Pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2018, Kamis (20/12) dilaksanakan dengan penanaman pohon di sekitar aliran sungai di Dusun Tunggu, Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat.

Gerakan GNPDAS yang dihadiri Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Sekda NTB  Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Sc., P.hD, Danlanud Rembiga, Danlanal Mataram, Kadishut NTB, Sekda Lobar, SKPD Provinsi NTB dan Kabupaten Lobar.

Di sela-sela penanaman pohon, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, kegiatan ini selain dalam rangka pemulihan daerah aliran sungai yang dapat membantu memberikan kesejahteraan kepada rakyat, juga untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar aliran sungai sekaligus mengembalikan fungsi hutan.

"Penanaman ini juga sekaligus dalam rangka memperingati penanaman pohon sedunia khususnya di Indonesia," kata Perwira lulusan Akmil 93 tersebut.

Menurutnya, puluhan ribu pohon yang ditanam hari ini terdiri dari gamelina, mahoni, bajur, beringin, sengon dan jenis pohon buah seperti alpukat, kemiri, kelengkeng, matoa dan masih ada ada juga yang lain.

"Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar ikut berperan aktif menjaga dan melestarikan lingkungan terutama kawasan hutan dengan reboisasi dan tidak menebang pohon secara liar sehingga keberadaan hutan bisa memberikan manfaat bagi kita terutama bagi generasi penerus yang akan datang," harapnya.

Gerakan pemulihan daerah aliran sungai ini selain melibatkan ASN juga melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda serta masyarakat setempat untuk kelancaran pelaksanaan program penanaman pohon. K18/Penrem162WB