Color Run di Kawasan The Mandalika Meriahkan HUT NTB ke 60

Advertisement

Color Run di Kawasan The Mandalika Meriahkan HUT NTB ke 60

Redaksi KATAKNEWS
Minggu, 16 Desember 2018

MANDALIKA COLOR RUN. Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (berjilbab merah), membuka Mandalika Color Run 2018, Minggu (16/12) di pantai Kuta, kawasan wisata The Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (KATAKNEWS/Istimewa)

LOMBOK TENGAH, KATAKNEWS.com - Ratusan peserta meramaikan event sport tourism Mandalika Color Run 2018, Minggu (16/12) di pantai Kuta, kawasan wisata The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event tahunan yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi NTB bekerjasama dengan sejumlah sponsor, dan ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika, ini merupakan bagian upaya memeriahkan rangkaian HUT Provinsi NTB ke 60 tahun pada 17 Desember 2018.

Selain Color Run, sejumlah event lain juga digelar bersamaan di kawasan The Mandalika, antara lain kegiatan Kuta Beach Clean Up, dan pencanangan Ekonomi Kreatif NTB Gemilang.

Seremoni kegiatan dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, Sekda NTB H Rosiady Sayuti, Kepala Dispar NTB H Lalu Moh Faozal, dan Kepala General Affair ITDC I Gusti Lanang Bratasuta.

"Kegiatan yang memeriahkan HUT NTB ke 60 ini, diharapkan menjadi momentum untuk menunjukan bahwa NTB benar-benar bangkit (pasca bencana gempa)," kata Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi.

Menurutnya, event juga membuktikan dan mengabarkan ke masyarakat luas bahwa NTB sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Kolaborasi event di The Mandalika, memang menunjukan keseriusan NTB bangkit dari segala aspek, meliputi sektor pariwisata, ekonomi, dan juga semangat pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal mengatakan, event sport tourism Mandalika Color Run merupakan event tahunan pariwisata NTB.

Selain mendorong promosi Mandalika sebagai destinasi wisata berkelas dunia, event tahun ini juga digelar dalam keseriusan NTB merecovery sektor pariwisata.

"Kita ingin tunjukan bahwa bencana (gempa bumi) sudah berlalu, saat ini dan seterusnya kita harus sam-sama optimistis menatap ke depan bahwa pariwisata NTB sudah bangkit," katanya.

Kawasan wisata The Mandalika di Lombok Tengah sama sekali tidak terdampak gempa bumi Julu-Agustus lalu.

Kawasan ini menjadi andalan NTB untuk menarik kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, selain kawasan Senggigi di Lombok Barat, dan tiga Gili di Lombok Utara.

Kepala General Affair ITDC, I Gusti Lanang Bratasuta menyampaikan, ITDC mengapresiasi pelaksanaan event color run, kuta beach clean up dan pencanangan ekonomi creatif di kawasan The Mandalika.

"Kami dari ITDC sangat memberi apresiasi, termasuk ada kegiatan touring roda 4 dan roda 2 yang finish di Mandalika ini," katanya.

Menurut Bratasuta, event seperti ini disamping memeriahkan HUT NTB ke 60 juga memberikan hal yang positif kepada wisatawan nusantara dan mancanegara bahwa NTB aman untuk dikunjungi.

"Selain itu event seperti ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Daerah," katanya.

Di sisi lain, tambah Bratasuta, event juga dapat mengedukasi masyarakat untuk membudayakan bersih dari sampah di manapun mereka berada. K18/*