Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Anggota BPD Lombok Utara Ikut Bimtek di Yogyakarta

Advertisement

Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Anggota BPD Lombok Utara Ikut Bimtek di Yogyakarta

KATAKNEWS.com
Jumat, 23 November 2018

BIMTEK. Puluhan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lombok Utara, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), di Yogyakarta.(KATAKNEWS/Foto: Humaspro Lombok Utara)


YOGYAKARTA, KATAKNEWS.com - Puluhan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari sejumlah Desa di Kabupaten Lombok Utara, mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Yogyakarta.

Bimtek difasilitasi Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP2KBPMD) Kabupaten Lombok Utara, Kamis (22/11), itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi mereka.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH didampingi Kepala Dinas P2KBPMD Lombok Utara, Drs H Kholidi MM, bersama para Camat dan unsur Kepala BPD sewilayah Lombok Utara.

Kepala Dinas P2KBPMD H Kholidi mengatakan, peningkatan kapasitas BPD diharapkan dapat mensinergikan peran BPD dengan tupoksi Kepala Desa, selain menjaring aspirasi di desa.

Selain itu hal ini juga untuk menyikapi adanya pelimpahan tugas dalam bentuk penyusunan dan penyempurnaan Raperda tentang BPD.

Dinas P2KBPMD juga diberi wewenang mengelola kegiatan pemilihan Kepala Desa.

"Setidaknya pada tahun 2019 terdapat 24 desa yang menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa di Lombok Utara. Dan saat ini DP2KBPMD seperti KPU pada tahun 2019 ini, sehingga Bimtek ini sangat dibutuhkan," tukasnya.

Dengan komitmen pengurus BPD beserta perangkat desa, lanjutnya, diharapkan pelimpahan tupoksi tersebut dapat terealisasi dengan sebaik-baiknya.

Termasuk Raperda tentang BPD diharapkan selesai pada tahun 2019.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Najmul Akhyar menyampaikan, pengoptimalan tupoksi BPD dalam sistem tata kelola pemerintahan di desa sangat penting dilakukan.

Melalui kegiatan Bimtek, desa bisa belajar dan melihat langsung praktek baik tentang pemerintahan desa.

"BPD termasuk simpul masyarakat di desa. Peran dan fungsi BPD bisa lebih optimal menyampaikan potensi dan aspirasi desa. Mengajak berpikir positif, semangat optimistik dan saling percaya untuk membangun desa-desa di Lombok Utara," kata Najmul.

Bupati Najmul menekankan, anggota BPD berhak memberikan saran kepada pemerintah desa, untuk tujuan baik dengan optimis membangun desa.

Koordinator Penyelenggara dari Studi Peningkatan Peran Daerah, Dra Chandra Guriani mengatakan, Pemda Lombok Utara secara konsisten masih memprogramkan peningkatan kapasitas BPD untuk kebaikan dan kemajuan desa-desa di Lombok Utara, meski daerah ini baru saja dilanda bencana gempa bumi.

Dijelaskan, Bimtek Pengurus BPD diikuti oleh 33 anggota BPD sewilayah Lombok Utara.

Bimtek mengambil tema Kebijakan Tugas dan Fungsi BPD sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.

Bimtek dilakukan dengan pemaparan kajian substansi peran dan fungsi BPD serta praktik lapangan ke Desa Candisari, Magelang, Jawa Tengah. K24