Made Sumada : Jangan Anggap Remeh Potensi Pesisir Lombok Barat

Advertisement

Made Sumada : Jangan Anggap Remeh Potensi Pesisir Lombok Barat

KATAKNEWS.com
Selasa, 13 November 2018

POTENSI PESISIR. Caleg DPRD Lombok Barat dari PDIP, I Made Sumada menawarkan gagasan pengembangan sektor kelautan dan perikanan.(KATAKNEWS/Istimewa)


LOMBOK BARAT - Lombok Barat di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak potensi sumber daya alam di sektor Pertanian dan Pariwisata.

Lebih dari itu, daerah berslogan Patut Patuh Patju ini juga punya potensi luar biasa di sektor Kelautan dan Perikanan.

"Kita punya banyak pulau kecil atau Gili-Gili, kita juga punya panjang garis pantai yang luar biasa. Artinya potensi ini sangat besar, dan ini juga yang harus digali ke depan," kata I Made Sumada, politisi muda Partai PDI-P Lombok Barat.

Sumada yang maju sebagai Caleg DPRD Lombok Barat untuk Dapil Lembar dan Sekotong mengatakan, pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Lombok Barat akan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat, terutama di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil.

Pria yang lama bergelut sebagai jurnalis ini memaparkan, hingga saat ini kawasan pesisir dan pulau kecil terkesan kurang mendapat perhatian.

Tak ayal kantong-kantong kemiskinan di daerah ini lebih banyak disumbang dari penduduk di kawasan pesisir dan pulau kecil.

"Ke depan harus ada program nyata untuk memberdayakan masyarakat di pesisir dan pulau kecil. Para nelayan kita juga perlu perhatian, sama halnya dengan para petani," katanya.


Mengusung jargon "Yang Muda Yang Bekerja" Sumada menawarkan gagasan membangun sektor kelautan dan perikanan di Lombok Barat.

Apalagi, tambah dia, sektor ini bisa menjadi sektor penyangga pariwisata di Lombok Barat.

"Ada banyak hal yang bisa kobalorasi. Ada potensi budidaya Mutiara untuk kerajinan, ikan tangkapan dan rumput laut untuk kuliner dan pasokan kebutuhan perhotelan, dan juga bisa dikembangkan destinasi-destinasi baru di kawasan, terutama di Lembar dan Sekotong," katanya. K18