Dirlantas Amin Litarso : Utamakan Safety, Kecelakaan bisa Menimpa Siapa Saja ..!!

Advertisement

Dirlantas Amin Litarso : Utamakan Safety, Kecelakaan bisa Menimpa Siapa Saja ..!!

KATAKNEWS.com
Rabu, 28 November 2018

SAFETY FIRST. Dirlantas Polda NTB AKBP Amin Litarso saat ramah tamah bersama awak media massa di Rumah Langko, Mataram.(KATAKNEWS/Bara Elank)


MATARAM, KATAKNEWS.com - Kecelakaan lalulintas (Lakalantas) bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan menimpa siapa saja.

Namun, lakalantas dan dampak fatalnya bisa diminimalisir dengan mentaati tata tertib berlalulintas, dan melengkapi diri dengan perlengkapan safety saat berkendara.

"Jadi yang penting utamakan Safety. Sebab kecelakaan bisa menimpa siapa saja," kata Direktur Lalu Lintas Polda NTB, AKBP Amin Litarso, dalam ramah tamah bersama awak media massa, Selasa (27/11) di Rumah Langko, Mataram.

Amin Litarso menjabat Dirlantas Polda NTB, menggantikan pejabat sebelumnya, Kombes Pol Arman Achdiat.

Sebelumnya Amin bertugas sebagai Wadirlantas sekaligus Pelaksana Tugas Kabid Propam di Polda Sulawesi Tengah.

Menurutnya, sebagai Dirlantas Polda NTB, ia akan berupaya maksimal mendorong peningkatan kesadaran tertib berlalu lintas di wilayah NTB ini.

Program-program yang sebelumnya sudah berjalan akan terus dimaksimalkan, dan juga akan ditambah dengan inovasi-inovasi baru dengan menggandeng para pihak berkompeten termasuk masyarakat sendiri.

Penyadaran dan edukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara (Safety Riding) juga akan menjadi fokus utamanya.

"Safety Riding ini penting. Karena terkadang, kita sudah lengkap dan taat aturan, tapi yang lain yang tidak justru mencelakai," katanya.

Ia mencontohkan, masa mudanya dulu saat bertugas di Bekasi pernah juga menjadi korban lakalantas.

Sepeda motor dinas yang dikendarainya, ditabrak sebuah mobil, saat memutar arah haluan.

"Lengan saya patah. Ini padahal saya sudah taat aturan lalulintas, dan ternyata masih bisa lakalantas. Jadi pesan saya, selalu waspada dan menyiapkan keselamatan safety selama berkendara," katanya.

Hal terkecil yang dilakukan misalnya, menggunakan helm pengaman untuk pengendara sepeda motor. Sehingga jika kecelakaan terjadi, akibat fatalnya bisa dihindari. K18