Bappenda NTB akan Gelar Gebyar Pajak Berhadiah Mobil Akhir Tahun Ini

Advertisement

Bappenda NTB akan Gelar Gebyar Pajak Berhadiah Mobil Akhir Tahun Ini

KATAKNEWS.com
Senin, 19 November 2018

GEBYAR PAJAK.  Kepala Bappenda NTB, Ir H Iswandi MSi, saat memberikan keterangan pers tentang rencana kegiatan Gebyar Pajak 2018, Senin (19/11) di Mataram.(KATAKNEWS/Bara Elank) 


MATARAM, KATAKNEWS.com - Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), akan menggelar Gebyar Pajak 2018, 23 Desember 2018 mendatang. di kawasan wisata The Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Masyarakat wajib pajak yang sudah tuntas membayar kewajiban Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan juga pajak Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tahun ini, bisa meramaikan kegiatan ini dan punya kesempatan meraih doorprize utama satu unit mobil.

"Gebyar Pajak 2018 ini untuk wajib pajak PKB dan BBNKB. Hadiah utamanya satu unit mobil, selain hadiah sepeda motor dan lainnya. Ini untuk memotivasi para wajib pajak untuk tiap tahun kembali (membayar pajak), sekaligus apresiasi bagi wajib pajak yang selama ini tertib bayar pajak," kata Kepala Bappenda NTB, Ir H Iswandi MSi, dalam keterangan pers, Senin (19/11) di Mataram.

Menurutnya, PKB dan BBNKB menjadi penyumbang utama pendapatan daerah dari sektor pajak di NTB. Hingga November ini tercatat sudah tercapai sekitar 89 persen hingga 90 persen dari target 2018 yang berkisar Rp362 Miliar untuk PKB dan Rp350 Miliar untuk BBNKB.

Ia juga menyatakan optimis target pencapaian PBK dan BBNKB tahun ini akan tercapai, hingga akhir tahun 2018 nanti.

"Posisi saat ini kita sudah tercapai 89-90 persen dari target. Kita masih punya cukup waktu untuk mengejar sisanya, dan saya optimis ini bisa tercapai bahkan melampaui target hingga akhir tahun. Gebyar Pajak 2018 ini juga menjadi upaya percepatannya agar wajib pajak bisa segera membayar kewajibannya tahun ini," katanya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pembinaan, Bappenda NTB, M Ikhwan Abbas menjelaskan, untuk memantapkan Gebyar Pajak 2018, sebelumnya sudah dilakukan berbagai macam kegiatan seperti sosialisasi ke sejumlah SMA dan SMK, sosialisasi ke pasar-pasar dan tempat publik lainnya.

Selain itu akan digelar juga kegiatan pra Gebyar Pajak 2018 berupa lomba menggambar dan mewarnai ungtuk anak TK dan SD, dan service motor gratis.

"Kemudian ada konvoi komunitas motor dan mobil, yang akan dimulai dari Islamic Center di Mataram dan finish di KEK Mandalika, Lombok Tengah. Dan puncaknya dilakukan di KEK Mandalika yang dirangkai dengan lomba senam, jalan sehat, dan tentu saja penarikan undian," jelas Ikhwan.

Ia mengatakan, selain satu unit mobil sebagai hadiah utama, Bappenda juga menyediakan hadiah lain berupa lima unit sepeda motor, belasan unit sepeda gunung, serta sejumlah peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, dan kipas angin.

"Tapi, syaratnya yang bisa dapat kupon undian hanya yang sudah melunasi atau membayar kewajiban pajaknya tahun ini, baik PKB maupun BBNKB," katanya. K21/*