Bank Indonesia Luncurkan Pilot Project Program Beasiswa PTS di Sumbawa

Advertisement

Bank Indonesia Luncurkan Pilot Project Program Beasiswa PTS di Sumbawa

KATAKNEWS.com
Selasa, 13 November 2018

BEASISWA BI. Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB, Achris Sarwani saat mensosialisasikan Program Beasiswa BI di Universitas Samawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.(KATAKNEWS/Istimewa)


MATARAM -  Bank Indonesia kembali meluncurkan program beasiswa untuk sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Tahun ini, selain 99 perguruan tinggi negeri, beasiswa juga disediakan untuk 5 perguruan tinggi swasta (PTS) sebagai pilot project.

Salah satunya adalah Universitas Samawa, di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Universitas Samawa menjadi salah satu dari 5 PTS pilot project untuk program beasiswa BI mulai akhir tahun 2018 ini," kata Kepala Perwaklan Bank Indonesia NTB, Achris Sarwani, Selasa (13/11) di Mataram.

Empat PTS lainnya adalah Universitas Nusa Nipa Maumere (NTT), Universitas Dharmas Indonesia (Sumatera Barat), Universitas Darussalam Gontor (Jawa Timur), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) (Jawa Barat).

Achris menjelaskan, sosialisasi dan peluncuran program beasiswa sudah dilakukan di Universitas Samawa oleh BI NTB, Senin (12/11) di Sumbawa.

Total mahasiswa yang menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia dari PTN dan PTS di tahun 2018 ini sebanyak 4.920 mahasiswa.

"Untuk Universitas Samawa, kita ada kuota untuk 50 mahasiswa. Harapannya ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh adik-adik kita di sana," katanya.

Ia menjelaskan, para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia di Universitas Samawa nanti akan bergabung dalam sebuah wadah komunitas bernama Generasi Baru Indonesia (GENBI).

Sehingga bukan saja menerima beasiswa, mereka juga akan diberikan berbagai pembekalan dan pelatihan guna peningkatan kapasitas mahasiswa agar mampu berperan dan bermanfaat di masyarakat.

Hal ini sesuai dengan visi beasiswa Bank Indonesia yaitu menjadi program beasiswa yang dapat memfasilitasi pengembangan modal intelektual dan memberikan kontribusi positif dalam proses transformasi masyarakat secara berkelanjutan.

"Semoga dengan beasiswa ini menjadi pemicu semangat mahasiswa untuk meningkatkan peran dan kontribusinya di daerah dan nasional," katanya.

Rektor Universitas Samawa,Dr Syafruddin menyambut positif pemberian beasiswa Bank Indonesia.

"Kami bersyukur atas keberhasilan Universitas Samawa menjadi satu dari 5 (lima) PTS yang terpilih," katanya. K18