Baiq Diyah : Nasib Guru Honorer Harus Diperhatikan

Advertisement

Baiq Diyah : Nasib Guru Honorer Harus Diperhatikan

KATAKNEWS.com
Senin, 26 November 2018

Anggota DPD RI Perwakilan NTB, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi.


MATARAM, KATAKNEWS.com - Anggota DPD RI perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional 25 November, harus menjadi momentum introspeksi dan perbaikan mutu pendidikan nasional.

Hal ini juga tak lepas dari perlunya perhatian pemerintah terhadap nasib para guru, terutama yang masih berstatus honorer, tidak tetap, dan guru-guru yang mendedikasikan diri mereka di daerah-daerah pelosok terpencil.

"Pertama saya mengucapkan selamat Hari Guru, semoga kedepannya guru semakin mendapatkan perhatian. Terutama para honorer ini menjadi prioritas bisa menjadi PNS," kata Baiq Diyah, Senin (26/11).

Menurutnya, jika melihat kondisi umum saat ini, pada prinsipnya gaji guru (yang berstatus PNS) sudah cukup banyak ditambah insentif lain berupa tunjangan-tunjangan dan sertifikasi.

Namun, di sisi lain hal itu belum dinikmati oleh para guru honorer, tidak tetap, dan belum menjadi PNS.

"Yang harus diperjuangkan adalah para guru honorer-honorer terutama di desa-desa terpencil, agar bisa menjadi guru tetap atau menjadi PNS. Sehingga walau pun mereka berada di daerah terpencil pasti akan bekerja maksimal kalau mereka bisa dijadikan PNS," katanya.

Baiq Diyah mengatakan, peran guru sebagai tenaga pendidik sangat penting bagi bangsa dan negara ini. Sebab guru merupakan tauladan bagi anak-anak, generasi penerus bangsa. K18