Tingkatkan Kinerja Publikasi, Jajaran Humas Lombok Barat Belajar ke Majalah Keuangan Negara

Advertisement

Tingkatkan Kinerja Publikasi, Jajaran Humas Lombok Barat Belajar ke Majalah Keuangan Negara

Redaksi KATAKNEWS
Senin, 08 Oktober 2018

TIM HUMAS Pemda Lombok Barat bersama jajaran redaksi Majalah Keuangan Negara, di Jakarta. (KATAKNEWS/Istimewa)

JAKARTA -  Tim Humas dan Protokol Pemda Lombok Barat berupaya meningkatkan kinerja mereka, terutama di bidang publikasi dan penyusunan materi pemberitaan, dengan melakukan studi banding ke kantor redaksi Majalah Keuangan Negara, di Jakarta.

Majalah triwulanan milik Pusat Kajian Keuangan Negara tersebut dikenal sebagai media yang banyak memberitakan pengelolaan keuangan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Lobar, H Saepul Ahkam mengatakan, materi Majalah Keuangan Negara kerap menyoroti dan menyuarakan program dan kepentingan dari Lembaga Negara. Hal ini menjadi salah satu alasan pihaknya mengirimkan tim Humas untuk belajar dan berbagi pengalaman di sana.

"Kita perlu belajar mengelola majalah milik Pemerintah Daerah agar tetap mampu identik sebagai corong Pemda. Jadi tim kami berangkatkan untuk studi banding ke sana," kata Ahkam.

Menurut dia, Majalah dengan tagline "Mengawal Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara" itu sering memuat berita dan ulasan tentang kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta ulasan sukses Pemerintah Daerah (Pemda) dalam manajemen keuangannya.

"Majalah ini menjadi majalah terkemuka nasional dalam pemberitaan Lembaga Negara, namun tetap dikelola secara profesional. Hal ini yang membuat kami tertarik untuk belajar dalam mengolah ulasan peristiwa serta berita-berita," paparnya.

Ia mengakui sulitnya menemukan majalah pembanding yang tetap mempertahankan identitas sebagai media Pemda, namun juga bisa mengakomodir trend populer dan aspirasi kritis masyarakat.

"Majalah bulanan Pemda harus mengedepankan kepentingan pembangunan, tapi juga harus menyuarakan kebutuhan masyarakat. Di samping tampilan dan isinya juga mengikuti trend agar tidak ditinggalkan pembaca," katanya.

Pimpinan Redaktur Majalah Keuangan Negara sekaligus Direktur Pusat Kajian Keuangan Negara menyambut gembira kedatangan tim Humas Lombok Barat.

Menurut Pras, panggilan anak muda kreatif itu, media Pemda sudah harus berani mengembangkan diri.

"Sekarang eranya milenial, maka segmen generasi milenial ini harus diperhitungkan juga sebagai segmen pasar yang dominan," terang Pras.

Ia juga memuji keaktifan Humas Lombok Barat dalam memanfaatkan media sosial dan dengan hasil foto-foto yang berkualitas. Menurut dia, sudah saatnya media milik Pemda sudah harus menyesuaikan diri dengan media sosial yang sifatnya cepat, instan, dan aktual.

"Sekarang ini sudah jadi trend. Namun harus mengikuti selera generasi milenial itu," tukas Pras.

Selain berinovasi untuk media sosial, kandidat doktoral pada Inatitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyarankan agar majalah "Perspektif"  milik Humas dan Protokol Lombok Barat harus segera memperkaya konten majalahnya.

"Kontennya harus sudah mendalam, lebih banyak menggarap aspek regulasi dan inovasi yang dilakukan oleh OPD," saran Pras.

Mendengar hal tersebut, Ahkam memastikan bahwa media milik Humas akan segera berbenah.

"Barangkali dengan mengurangi durasi terbit, majalah ini akan lebih berkualitas. Di samping mempertimbangkan konten, juga kemampuan sumber daya manusia yang semakin mumpuni," kata Ahkam.

Bagian Humas dan Protokol merupakan kelengkapan di Sekretariat Daerah Lombok Barat. Saat ini jumlah ASN aktif hanya 7 orang dan sisanya staff honorer. Itu pun sudah termasuk dengan para pejabat struktural dan tenaga administrasinya.

Selain menerbitkan Majalah Bulanan "Perspektif Humas", Bagian Humas dan Protokol juga menanggung beban kerja menerbitkan pemberitaan seputar Pemda Lobar melalui akun media sosial di facebook, tweeter, instagram, dan youtube dengan label Humas Protokol Lombok Barat atau @humaslobar. K24