Tiga Perpustakaan di NTB Masuk Nominasi BI Corner Award Tahun Ini

Advertisement

Tiga Perpustakaan di NTB Masuk Nominasi BI Corner Award Tahun Ini

Redaksi KATAKNEWS
Senin, 29 Oktober 2018

BI CORNER. Salah satu perpustakaan BI Corner di NTB yang menjadi nominator BI Cornern Award 2018. (KATAKNEWS/Foto: Humas BI NTB)


MATARAM - Tiga unit perpustakaan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk sebagai nominator dalam Bank Indonesia (BI) Corner Award tahun ini.

Hal itu terungkap setelah tim dewan juri dari Kantor Pusat Bank Indonesia melakukan asesmen terhadap dua perpustakaan lembaga pendidikan yaitu Ponpes Selaparang di Kediri- Lombok Barat  dan Universitas Muhammadiyah Mataram, serta satu perpustakaan umum yaitu Perpustakaan Daerah Provinsi NTB yang telah menerima BI Corner  pada tahun 2017.

"Tiga lembaga tersebut merupakan nominasi calon penerima BI Corner  Award 2018 dari Bank Indonesia dari total 471 BI Corner seluruh Indonesia yang dinilai," kata Hendra Nazaldi, anggota dewan juri dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, di Mataram.

Dipaparkan, BI Corner merupakan pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral melalui koleksi cetak maupun elektronik.

Selain itu di BI Corner  juga tersedia informasi mengenai perkembangan terkini perekonomian dan keuangan.

Dalam visitasi yang dilakukan Tim Penilai BI Corner, ketiga perpustakaan harus mempresentasikan pengelolaan BI Corner di perpustakaan masing-masing dan menyiapkan segala dokumen sebagai bukti dari self asesement yang telah dikirimkan kepada dewan juri beberapa bulan yang lalu.

Hendra Nazaldi mengungkapkan bahwa BI Corner merupakan salah satu bentuk Program Sosial dari Bank Indonesia yg diharapkan dapat bermanfaat bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan konfirmasi kepada para nominasi calon penerima BI Corner Award terhadap jawaban poin-poin penilaian yang telah disampaikan secara tertulis," katanya.

Menurutnya, memperkuat dewan juri, BI juga mengajak Muhammad Nguzer - Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) dan Ahmad Sofyan - Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI).

Salah satu nominator BI Corner dari Universitas Muhammadiyah Mataram, Wakil Rektor III Hafzah mengatakan, bahwa BI Corner ini merupakan laboratorium mahasiswa D3 Perpustakaan, sehingga sangat bermafaat bagi mahasiswa.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Wahyu Ari Wibowo mengatakan, pada BI Corner Award yang baru pertama kali diadakan ini akan diambil juara best of the best (nasional per kategori), dan juara per kategori.

Ketiga nominator dari Provinsi NTB sendiri berasal dari ketegori yang berbeda-beda.

Ponpes Selaparang masuk ke dalam kategori SMA/Sederajat, Universitas Muhammadiyah Mataram masuk ke dalam kategori Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Daerah Provinsi NTB masuk ke dalam kategori umum.

Ia berharap salah satu dari tiga lembaga yang mewakili NTB itu bisa meraih prestasi di ajang BI Corner Award 2018 ini. K18