Satgas Aman Nusa II Berhasil Bersihkan 1.248 Rumah Terdampak Gempa NTB

Advertisement

Satgas Aman Nusa II Berhasil Bersihkan 1.248 Rumah Terdampak Gempa NTB

Redaksi KATAKNEWS
Selasa, 02 Oktober 2018

KATAKNEWS/Dok.Satgas Aman Nusa II Polda NTB

AREA CLEARING. Anggota Satgas Aman Nusa II Polda NTB membersihkan puing bangunan sisa gempa di Lombok Utara.

MATARAM, KATAKNEWS.com - Satgas Aman Nusa II Polda NTB berhasil merobohkan dan membersihkan 1.248 rumah terdampak gempa bumi di sejumlah wilayah di pulau Lombok dan Sumbawa, dalam bulan September lalu.

"Kerja keras anggota di lapangan itu berhasil melampaui target bulan September. Kita targetkan sepannjang September 990 rumah, tapi terealisasi 1.248," kata Komandan Satgas Aman Nusa II Polda NTB, Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya, Selasa (2/10) di Mataram.

Maningka Jaya yang juga Karo Ops Polda NTB ini menjelaskan, pembersihan puing bangunan pasca bencana gempa bumi di NTB masih terus dilakukan, untuk mendukung tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana.

Lahan yang sudah bersih nantinya bisa mulai dilakukan rekonstruksi pembangunan rumah kembali oleh warga yang sudah menerima bantuan.

"Selain rumah warga, Satgas juga membantu pembersihan fasilitas umum yang terdampak. Ini terus dilakukan bersama jajaran TNI," katanya.

Seperti diketahui, sejak bencana gempa melanda NTB akhir Juli hingga pertengahan Agustus lalu, Polda NTB langsung membentuk operasi kontijensi Aman Nusa II yang melibatkan seluruh personil Brimob Polda NTB berjumlah 900 orang..
kekuatan personil Satgas juga dibantu tugas BKO 9 Kompi Brimob dari Polda Sumut, Polda Jateng, Polda Katim, Polda Sulsel, Polda Kalteng, Polda Kalsel, dan dari Brimob Pelopor Jakarta.

"Jumlah bantuan BKO itu sekitar 1.317 personil, ditambah anggota Brimob NTB sekitar 900 orang. Mereka ini tersebar di seluruh Kecamatan terdampak bencana," katanya.

Ia menjelaskan, selain kegiatan fisik membersihkan puing bangunan yang rusak akibat gempa bumi, Satgas Aman Nusa II juga melakukan kegiatan rutin patroli dan pengamanan di wilayah strategis.

Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya mengatakan, kegiatan pengamanan juga terus dilakukan di sejumlah objek vital termasuk kawasan pariwisata.

"Jadi selain membersihkan bangunan, tugas pengayoman dan pengamanan tetap kami lakukan. Di Gili Trawangan, Gili Air, dan Meno, personil juga masih standby untuk pengamanan," katanya.

Ia berharap, situasi NTB pasca bencana gempa bumi bisa kembali bangkit dan normal lagi.

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, Satgas Aman Nusa II Resimen III Pas Pelopor BKO Polda NTB / Polres Lombok Utara melaksanakan kegiatan merobohkan dan membersihkan rumah terdampak gempa di Dusun Kandang Kauq, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Sementara Satgas Aman Nusa II Satbrimob Polda Sumut BKO Polda NTB Kompi 2 Penugasan Posko Polsek Pemenang, yang dipimpin Danki-Gas Iptu AH Harahap melaksanakan pembersihan fasilitas umum, di Puskesmas Pembantu, Dusun Telaga Wareng Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. K24