Ratusan Kuda Pacu Berlaga di Pacuan Kuda Danrem Cup

Advertisement

Ratusan Kuda Pacu Berlaga di Pacuan Kuda Danrem Cup

Redaksi KATAKNEWS
Sabtu, 06 Oktober 2018

PACUAN KUDA. Peserta pacuan Kuda Danrem 162/WB Cup berlomba mencapai finish di arena pacuan Desa Panda, Bima. (KATAKNEWS/Penrem 162 WB)


BIMA - Sekitar 453 ekor Kuda Pacu meramaikan laga Pacuan Kuda Danrem Cup dan Bupati Bima Cup yang digelar Sabtu (6/10) di arena pacuan Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Laga pacuan Kuda Tradisional itu dibuka resmi oleh Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, dihadiri Wakil Walikota Bima Ferry Sofyan, Sekda Kabupaten Bima Drs. H. Taufik, anggota DPRD Kabupaten Bima H. Syamsudin, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo, dan Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa.

DANREM CUP. Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani saat membuka Pacuan Kuda Danrem Cup 2018 di Bima. (KATAKNEWS/Penrem 162 WB)

Ketua Panitia Penyelenggara, Kasdim 1608/Bima Mayor Inf Hardani dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan pihak Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Bima.

 "Kejuaraan pacuan kuda kali ini diikuti oleh para peserta dari berbagai wilayah mulai dari Kota Mataram, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Kabupaten dan Kota Bima, dan juga ada yang dari luar Provinsi NTB," kata Hardani.

Dijelaskan, jumlah kuda ikut kejuaraan pacuan kuda sebanyak 453 ekor dengan rincian 42 ekor kelas TK, 74 ekor kelas OA, 76 ekor kelas OB, 17 ekor kelas THA, 34 ekor kelas THB, 6 ekor kelas Tunas A, 36 ekor kelas tunas B dan kelas Tunas C sebanyak 34 ekor.

"Untuk kelas dewasa D sebanyak 40 ekor dan kelas Dewasa E sebanyak 12 ekor," katanya.

Sementara itu, Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani mengucapkan terimakasih kepada para penyelenggara yang telah mempersiapkan kejuaraan kuda ini dengan baik.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Pemda dan Polri selaku pengamanan kegiatan.

"Terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan rekan Kepolisian atas bantuannya sehingga pelaksanaan pacuan kuda Tradisional dalam rangka HUT TNI Ke 73 tahun 2018 bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Rizal.

Danrem Rizal mengatakan, kegiatan itu digelar juga sebagai upaya untuk terus bersinergi dan menyatu dengan masyarakat yang ada di wilayah teritorial Korem 162/WB, salah satunya wilayah Bima.

"Ke depan kita menghadapi Pilpres pada 2019 mendatang, kita berharap agar bersama-sama menjaga kebersamaan dalam perbedaan, tidak terjadi saling sikut karena beda pilihan sehingga tetap terpilharanya keamanan dan kenyamanan masyarakat,"tukasnya.

Sebelumnya Sekda Kabupaten Bima Drs. H. Taufik dalam sambutannya mewakili Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri menyampaikan kedepan pembangunan pariwisata Bima dengan menggelar kejuaraan pacuan kuda dengan dana yang disiapkan Pemerintah Daerah.

"Membangun daerah Bima dengan cara berfikir patuh sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti perkelahian, namun selama ini tidak pernah ada perkelahian di arena pacuan", kata H. Taufik.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga berharap dalam arena pacuan kuda tidak ada permainan judi karena itu akan membawa musibah bagi kita semua," tandasnya.

Dalam kejuaraan Pacuan Kuda Tradisional Danrem Cup dan Bupati Bima Cup 2018, salah satu kuda yang keluar menjadi juara yakni kuda milik Danrem 162/WB bernama Wira Bhakti di Kelas Dewasa D. K18