Ramaikan Mekaki Marathon di Lombok Barat, IWAPI akan Gelar Stand Kuliner dan Souvenir

Advertisement

Ramaikan Mekaki Marathon di Lombok Barat, IWAPI akan Gelar Stand Kuliner dan Souvenir

Redaksi KATAKNEWS
Jumat, 19 Oktober 2018

KIPRAH IWAPI. Jajaran IWAPI Lombok Barat bersama Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H Ispan Junaedi usai pertemuan di Kantor Dispar Lombok Barat.(KATAKNEWS/Istimewa)  

LOMBOK BARAT - Pengusaha wanita di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berupaya aktif mengambil bagian untuk mendukung pengembangan sektor Pariwisata, Ekonomi, dan UMKM di wilayah NTB.

Hal ini juga ditunjukan dengan keseriusan Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Lombok Barat bersama jajaran IWAPI Provinsi NTB, yang memastikan akan turut meramaikan gelaran event sport tourism Mekaki Marathon 2018, yang akan digelar di kawasan pantai Mekaki, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

"Jadi selain kami dari IWAPI akan menjadi peserta Mekaki Marathon, kami juga akan menyediakan stand yang strategis di veneu acaranya nanti," kata Ketua IWAPI Lombok Barat, Ninik Green, Jumat (19/10), usai berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Lombok Barat.

Pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Ispan Junaedi, juga dihadiri Korwil IWAPI Lombok Barat, Onny Ekadana dan jajaran pengurus IWAPI Lombok Barat.

Ninik menjelaskan, IWAPI Lombok Barat bersama Dispar membahas terkait event Mekaki Marathon tersebut.

Dalam pertemuan itu disepakati, jajaran IWAPI Lombok Barat dan IWAPI NTB akan ber[eran serta aktif untuk meramaikan event sport tourism itu.

Selain menjadi peserta Mekaki Marathon dalam kategori Fun Run 5 K, IWAPI juga akan menyediakan sejumlah stand di lokasi kegiatan.

Stand tidak hanya menyediakan beragam kuliner khas Lombok dan Sumbawa, tapi juga souvenir atau cinderamata khas NTB.

"Jadi stand-stand ini akan memudahkan para peserta yang dari luar daerah NTB, untuk lebih menikmati keindahan Lombok beserta kulinernya," kata Ninik.

Ia mengatakan, dari pembicaraan dengan Dispar Lombok Barat, IWAPI juga akan terus dilibatkan dalam event-event pariwisata yang ada di daerah itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Ispan Junaedi mengapresiasi keinginan IWAPI berpartisipasi dalam event pariwisata Lombok Barat.

"Saya apresiasi karena ini menunjukan bahwa semua pihak stakeholders pariwisata termasuk asosiasi ikut partisipasi dalam Mekaki Marathon ini. Artinya, semua merasa memiliki event ini dan Pemda berhasil mempromosikannya," katanya.

Ispan menjelaskan, event Mekaki Marathon juga merupakan rangkaian upaya Pemda Lombok Barat untuk mendorong percepatan recovery sektor pariwisata pasca bencana gempa bumi.

Dinas Pariwisata juga tak henti-hentinya melakukan inovasi dan terobosan untuk terus mempromosikan potensi wisata di Lombok Barat.

"Lewat event-event ini kita ingin sampaikan ke dunia bahwa Lombok Barat, sudah sangat  aman dan nyaman untuk dikunjungi," katanya.

Terpisah, Ketua IWAPI Provinsi NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan, pihaknya mendukung penuh apa yang dilakukan IWAPI Lombok Barat.

Menurut Baiq Diyah, salah satu fungsi dan peranan IWAPI sebagai organisasi pengusaha wanita adalah untuk bersinergi dengan para pihak termasuk Pemda dalam mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat di berbagai sektor.

"Hal-hal seperti ini yang akan terus dilakukan IWAPI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi," katanya.

Baiq Diyah yang juga anggota DPD RI Perwakilan NTB ini memaparkan, event Mekaki Marathon sangat potensial untuk mendorong bangkitnya kembali Pariwisata Lombok Barat dan NTB pada umumnya, pasca bencana gempa bumi.

Bagi IWAPI, sektor pariwisata ini punya kaitan erat dengan sektor industri termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

"Jadi kita sama-sama berharap agar pelaksanaan event Mekaki Marathon ini bisa sukses dan membawa dampak yang baik bagi sektor pariwisata dan juga masyarakat pelaku UMKM nantinya," kata Baiq Diyah. K18