Pastikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Berjalan, Wagub NTB Tinjau Lapangan

Advertisement

Pastikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Berjalan, Wagub NTB Tinjau Lapangan

Redaksi KATAKNEWS
Jumat, 12 Oktober 2018

ASPIRASI KORBAN BENCANA. Wagub NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah saat menjumpai para korban gempa di Posko Psikologi Kemensos, di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. (KATAKNEWS/Humas Pemprov NTB)

LOMBOK UTARA - Wakil Gubernur NTB, Dr Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah meninjau sejumlah lokasi terdampak bencana di Lombok Utara, untuk memastikan program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di NTB bisa berjalan dengan baik.

"Tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana ini perlu kita kawal dan dorong percepatannya. Ini menjadi PR masyarakat dan juga pemerintah," kata Wagub Sitti Rohmi yang juga merupakan Ketua Pusat Komando (Command Center) PDB Gempa NTB, Kamis (11/10) meninjau proses pemulihan di Dusun Kecinan, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Sitti Rohmi menekankan, tahap rehabilitasi dan rekonstruksi untuk memulihkan keadaan masyarakat agar bisa bangkit kembali dalam keterpurukan harus terus didorong, termasuk peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Ia mengatakan, pemerintah pusat melalui sejumlah Kementerian dan Lembaga sudah berbuat maksimal untuk membantu pemulihan NTB.

Hal yang sama juga terus dilakukan Pemprov dan jajaran Pemda di daerah terdampak bencana di NTB.

Selain mengupayakan percepatan pembangunan rumah masyarakat melalui skema bantuan stimulan pembangunan rumah tahan gempa, pemerintah juga terus berupaya menyediakan hunian-hunian sementara bagi para korban.

"Semua berjalan sesuai tupoksinya untuk percepatan pemulihan ini," katanya.

Rohmi berharap masyarakat korban gempa di NTB harus tetap kuat dan bersabar menghadapi musibah ini. Sebab kesabaran dan rasa syukur merupakan kunci kekuatan untuk bisa menghadapi cobaan.

"Hidup ini tak luput dari ujian,  jangan berharap pada manusia tapi berharaplah pada Allah,"katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat tidak mudah percaya dan terpancing dengan informasi hoax dan informasi yang tidak teruji kebenarannya.

Sejumlah informasi hoax menyebutkan pemerintah seolah lepas tangan dalam pemulihan pasca bencana di NTB.

Mental masyarakat yang baik sangat diperlukan untuk menghadapi isu dan informasi hoax serupa itu.

"Pemerintah akan selalu berusaha membantu dan berbuat untuk masyarakat (korban bencana) di Kabupaten Lombok Utara dan NTB seluruhnya. Masyarakat jangan mudah terpancing isu hoax," tukas Rohmi.

Dalam kunjungan di Lombok Utara, Wagub Sitti Rohmi juga meninjau langsung progress pembangunan 80 unit Hunian Sementara (Huntara) yang telah selesai dikerjakan di Desa Malaka.

Ia juga sempat berdialog dengan para korban gempa bumi di Desa Malaka, dan menyerahkan bantuan.

Sitti Rohmi atas nama Pemprov NTB juga menyampaikan apresiasi kepada para relawan dan Tagana, karena telah berperan maksimal dalam membantu pemerintah membangun Huntara. K18