NTB Care, Inovasi Jalur Pengaduan Online Pemprov NTB

Advertisement

NTB Care, Inovasi Jalur Pengaduan Online Pemprov NTB

Redaksi KATAKNEWS
Rabu, 17 Oktober 2018

Tribudi Prayitno.(KATAKNEWS/Istimewa)

MATARAM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) di bawah kepemimpinan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah terus berinovasi dalam upaya membuka akses informasi dan komunikasi dengan masyarakat.

Salah satu inovasi terbaru dalam bentuk sistem layanan informasi online yang bisa diakses melalui situs www.care.ntbprov.go.id.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB, Tribudi Prayitno mengatakan, masyarakat NTB kini bisa menyampaikan segala macam keluhan dan aspirasinya melalui laman pengaduan tersebut.

Ia optimistis laporan pengaduan tersebut tidak memuat pesan hoaks. Pasalnya, setiap pengaduan wajib menyertakan lokasi dan foto untuk akurasi data.

Tribudi menyampaikan, setiap laporan yang masuk akan terlihat dengan keterangan seperti sudah diterima, sedang ditindaklanjuti, dan sudah tuntas.

Hasil rekapitulasi tentang berapa banyak laporan masuk, laporan yang sudah ditindaklanjuti, dan laporan yang sudah tuntas akan terakumulasi secara berkesinambungan setiap bulannya.

"Ini bagian dari rapor SKPD (satuan kerja perangkat daerah) karena dipantau langsung oleh Pak Gubernur," jelas Tribudi saat sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi NTB Care, Selasa (16/10) di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB.

Ia menjelaskan, laporan pengaduan yang masuk akan disaring menjadi tiga kategori, yakni kategori mendesak dengan batas waktu direspon maksimal 1 jam, kategori penting dengan waktu respon 1x24 jam, dan kategori biasa dengan batas waktu respon selama 2x24 jam.

"Nantinya, setiap laporan yang masuk akan diteruskan kepada masing-masing SKPD agar segera ditindaklanjuti," tukasnya.K18