Kunjungi TPQ Terpencil, Baiq Diyah Tanamkan Sikap Optimis untuk Perempuan

Advertisement

Kunjungi TPQ Terpencil, Baiq Diyah Tanamkan Sikap Optimis untuk Perempuan

Redaksi KATAKNEWS
Kamis, 25 Oktober 2018

MOTIVASI. Baiq Diyah Ratu Ganefi memberikan motivasi bagi perempuan  di Dusun Sedau Gondang, Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.(KATAKNEWS/Istimewa)

LOMBOK BARAT - Sikap optimis selalu ditularkan Baiq Diyah Ratu Ganefi kepada masyarakat, di mana pun ia berkunjung. Anggota DPD RI perwakilan NTB ini juga selalu memberi support sekaligus teladan bagi kaum perempuan NTB, khususnya yang berada di lokasi-lokasi pelosok dan terpencil.

Hal tersebut nampak ketika Baiq Diyah yang juga Ketua IWAPI NTB, mengunjungi TPQ Ulul Albab, di Dusun Sedau Gondang, Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

Bersama rombongan yang berjumlah 25 orang yang seluruhnya perempuan, Baiq Diyah menyerap aspirasi dari pengurus TPQ hingga murid yang menimba ilmu di TPQ tersebut.

"Ada baiknya perempuan disini membuka usaha kecil-kecilan, nanti dari hasil usaha itu bisa menjadi penopang untuk kebutuhan sehari-hari. Saya yakin pasti bisa, tetap semangat walau pun dalam keterbatasan," kata Baiq Diyah memberi motivasi pada kaum perempuan di Dusun Sedau Gondang.

Baiq Diyah mengaku prihatin dengan kondisi TPQ yang penuh keterbatasan. Namun ia berharap keterbatasan tersebut tidak menjadi penghambat untuk mencetak insan yang beriman dan bertaqwa sejak usia dini.

Ia mendorong para perempuan yang berada di TPQ untuk menjalankan usaha kecil. Menurutnya, meski berada di pelosok, setidaknya perempuan secara khusus memiliki kegiatan yang dapat menghasilkan, sehingga mampu menopang kebutuhan sehari-hari.

Para perempuan di Dusun itu, bisa membentuk kelompok kecil untuk memulai industri rumahan, misalnya jajanan atau kerajinan. Jika semangat seperti itu sudah muncul, tentu akan ada banyak pihak yang berminat mensupport kegiatan tersebut.

Sebagai organisasi pengusaha wanita, menurut Baiq Diyah, IWAPI juga akan mensupport jika ada kegiatan-kegiatan positif yang produktif bagi kaum perempuan di NTB.

"Jadi, yang terpenting ada semangat, ada kemauan pasti ada jalan," tukas Baiq Diyah.

Kunjungan Baiq Diyah dan rombongan, sangat diapresiasi masyarakat setempat.

Pendiri sekaligus pengurus TPQ Ulul Albab, Saiful Rahman mengaku sempat terkejut dengan kedatangan senator sekaligus Ketua IWAPI NTB itu.

"Kita kaget sekaligus bangga dan apresiasi ya. Sebab sejak TPQ ini didirikan beberapa tahun silam, baru kali ini dikunjungi oleh pejabat negara seperti bu Baiq Diyah," katanya.

Kondisi TPQ Ulul Albab memang sangat sederhana dan minim fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar. Bahkan Masjid dan Mushola pun belum bisa dibangun sendiri. Untuk menunaikan kewajiban sholat, para siswa dan pengurus TPQ masih harus berjalan beberapa kilometer menuju Masjid terdekat.

Saiful Rahman menjelaskan, selama ini biaya operasional TPQ tersebut berasal dari iuran para pengurus dan juga dana swadaya masyarakat yang memiliki kepedulian dengan TPQ.

Namun dengan segala keterbatasan itu, Saiful Rahman dan pengurus lainnya tetap optimis untuk bisa meningkatkan sarana di TPQ tersebut.

"Dalam waktu dekat dari hasil pengumpulan iuran akan dibangun Mushola sehingga bisa digunakan oleh anak didik serta pengurus TPQ dan masyarakat sekitar," katanya. K18