Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi, Inovasi Baru Pemprov NTB untuk Wadah Curhat Masyarakat

Advertisement

Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi, Inovasi Baru Pemprov NTB untuk Wadah Curhat Masyarakat

Redaksi KATAKNEWS
Sabtu, 20 Oktober 2018

JUMPA MASYARAKAT. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah saat berdialog dengan masyarakat di acara Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi, Jumat (19/10) di halaman Kantor Gubernur NTB.(KATAKNEWS/Foto: Biro Humas Pemprov NTB)

MATARAM - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi meluncurkan program inovatif yang menyediakan akses ruang dan waktu bagi masyarakat untuk curhat langsung ke Gubernur dan Wakil Gubernur.

Program "Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi" yang digelar setiap Jumat pagi di halaman kantor Gubernur NTB, ini diharapkan mampu menjembatani pemimpin daerah dengan masyarakatnya, sekaligus meningkatkan kualitas komunikasi dan silahturahmi antar masyarakat NTB dari semua lapisan.

Seperti yang nampak Jumat pagi (19/10), puluhan warga masyarakat bisa langsung menyampaikan keluh kesah dan permasalahan mereka kepada Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan Wagub NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah  dengan berdialog langsung.

LESEHAN. Bang Zul dan Ummi Rohmi menjawab pertanyaan masyarakat yang hadir. Program Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi dikemas dengan konsep lesehan membuat seolah tak ada jarak antara pemimpin dengan masyarakatnya.(KATAKNEWS/Foto: Biro Humas Pemprov NTB)

Bang Zul dan Ummi Rohmi, demikian Gubernur dan Wagub NTB ini akrab disapa, memberikan jawaban-jawaban atas pertanyaan masyarakat.

Untuk permasalahan yang berkaitan dengan kebijakan sebuah Dinas atau instansi pemerintah daerah, Bang Zul dan Ummi Rohmi juga didampingi para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berwenang untuk menjawab.

Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah yakin dengan adanya program dialog yang bertajuk "Jumpa Bang Zul & Umi Rohmi" mampu menuntaskan permasalahan-permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

Sebab program ini didesain untuk mempertemukan secara langsung masyarakat dengan pemerintah.

Sehingga apa yang menjadi keluh kesah masyarakat dapat disampaikan dan dicarikan jalan keluarnya oleh pemerintah.

"Saya yakin dengan kegiatan seperti ini 80 persen permasalahan di masyarakat NTB dapat diselesaikan, karena disini sudah ada para Kepala Dinas terkait yang akan menjawab dan menindaklanjutinya,” kata Bang Zul, dalam acara Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi di halaman Kantor Gubernur NTB, Jumat, (19/10).

WADAH CURHAT. Puluhan masyarakat NTB dari Kota Mataram dan sekitarnya, menyampaikan aspirasi dan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, Jumat (19/10) dalam acara Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi.(KATAKNEWS/Foto: Biro Humas Pemprov NTB)

Gubernur  didampingi Wakil Gubernur, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Sekda NTB, Ir H Rosiady Sayuti, dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov NTB, menekankan kepada suluruh jajarannya agar turun langsung menyelesaikan segala persoalan di lapangan.

Dengan demikian segala macam kesulitan aspirasi masyarakat mulai dari masalah sosial, pendidikan, ekonomi dan infrastruktur dapat segera ditangani dengan baik.

"Contohnya seperti masalah pencairan dana bantuan gempa. Dari semula yang begitu ribet kini menjadi sangat gampang, itu berkat komunikasi dan silaturrahmi langsung dengan pemerintah pusat,” ungkap Bang Zul di hadapan masyarakat yang hadir.

Aplikasi Digital NTB Care 

Selain Jumpa Bang Zul & Ummi Rohmi, Pemprov NTB juga membentuk program berbasis teknologi digital "NTB Care".

Menurut Bang Zul, dengan program tersebut, masyarakat NTB juga dapat menyalurkan aspirasi melalui aplikasi online yang disipakan, sehingga menjadikan NTB selangkah lebih maju ke depan.

"Aplikasi ini hadir di masyarakat menghapus stigma pimpinan feodal, dimana masyarakat untuk dapat ketemu pimpinan harus antri berjam-jam," katanya.

Saat ini, melalui aplikasi yang dapat didownload lewat play store ini, masyarakat yang berhalangan hadir bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur dapat menyampaikan aspirasi dan gagasannya secara online.

"Dengan kedua program ini segala masalah masyarakat insya Allah dapat terjawab dan terselesaikan dengan baik,” kata Bang Zul. K15