Jika Pemilu Hari Ini, BDRG Dipastikan Terpilih Kembali Jadi Anggota DPD RI Perwakilan NTB

Advertisement

Jika Pemilu Hari Ini, BDRG Dipastikan Terpilih Kembali Jadi Anggota DPD RI Perwakilan NTB

KATAKNEWS.com
Senin, 01 Oktober 2018

KATAKNEWS/Istimewa

HASIL POLLING. Anggota DPD RI Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi SH (BDRG) meraih suara cukup banyak dalam hasil polling terbuka. 

MATARAM, KATAKNEWS.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi SH (BDRG) bisa dipastikan kembali terpilih mewakili masyarakat NTB sebagai anggota DPD periode lima tahun ke depan, jika Pemilu 2019 dilaksanakan hari ini.

Baca Juga : Ini Alasan Kenapa Perempuan NTB Pilih BDRG

Nama BDRG yang kembali maju menjadi Calon Anggota DPD RI periode 2019-2024, dalam Pemilu 2019, masuk pada urutan empat besar dalam polling terbuka yang bisa diakses umum di situs Survei dan Polling (http://surveipoll.com/).

Dari 27 nama calon Anggota DPP RI perwakilan NTB yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) di KPU NTB, nama BDRG dengan nomor urut 24 mendapat lebih dari 10,5 persen suara pemilih dalam polling.

Tiga Calon lainnya yang mendapatkan perolehan suara dan masuk dalam empat besar, antara lain Ir Moh Kisman Pangeran yang meraih (21.55 %), Ely Solihin (17.4 %), dan Ir H Achmad Sukisman Azmy (11.6 %).

Berada di posisi ke lima, H Irzani SPd MSi (8.84 %), dan posisi ke enam Evi Apita Maya SH (2.76 %). Sementara 21 calon lainnya, baru mendapatkan perohen suara dibawah 2% dalam polling tersebut. 

Untuk pemilihan calon anggota DPD RI, setiap Provinsi akan terpilih empat orang.

Dari empat nama yang masuk dalam empat besar, BDRG merupakan satu-satunya calon yang mewakili perempuan.

Baca Juga : Kiprah Kepedulian BDRG untuk Korban Gempa

Ketua IWAPI Provinsi NTB ini, juga menjadi satu-satunya calon petahanan DPD RI perwakilan NTB, yang bakal melenggang kembali ke Senayan. Jika Pemilu diselenggarakan hari ini.

Sebab dalam polling tersebut, tiga petahana lainnya yakni H Lalu Suhaimi Ismy hanya memperoleh 0.83% suara pemilih, Hj Robiatul Adawiyah SE (2.49 %), dan Prof Dr Farouk Muhammad (2.49 %).

Seperti diketahui DPD RI adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap Provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum.

Fungsi DPD antara lain, pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu, juga melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu.

Anggota DPD dari setiap provinsi adalah 4 orang. Dengan demikian total jumlah anggota DPD RI adalah 136 orang. Masa jabatan anggota DPD adalah 5 tahun, dan berakhir bersamaan pada saat anggota DPD yang baru mengucapkan sumpah/janji.

Untuk Provinsi NTB, KPU mencatat 27 orang yang lolos sebagai calon dalam DCT Pemilu 2019. Berikut ini daftar nama 27 Calon Tetap Anggota DPD RI Dapil NTB berdasarkan Keputusan KPU RI :

21. Ir. H. ACHMAD SUKISMAN AZMY, M.Hum
22. H. ARSYAD, SE., MM. 22. H. ARSYAD, SE., MM
23. Drs. AYIP ROSIDI, MM 23. Drs. AYIP ROSIDI, MM
24. BAIQ DIYAH RATU GANEFI, SH (Petahana Anggota DPD RI)
25. ELY SOLIHIN, S.Kep
26. EVI APITA MAYA, SH., M.Kn
27. Prof. Dr. FAROUK MUHAMMAD (Petahana Anggota DPD RI)
28. HAIFA AKBAR, SS
29. TGH. IBNU HALIL, S.Ag., M.Pd.i
30. H. IRZANI, S.Pd., M.Si
31. Drs. KURNIAWAN ARMIN, MM
32. LALU DIDIT PATRIA A.O.C., SH
33. H. LALU GEDE SYAMSUL MUJAHIDIN, SE
34. H. LALU MUHAMMAD SUKRIADI
35. H. LALU SUHAIMI ISMY (Petahana Anggota DPD RI)
36. Drs. H. M. ALI H. ARAHIM, M.Pd
37. Drs. H. MARINAH HARDI
38. MARWAN HAKIM, S.Kom., M.Kom., MM
39. Ir. MOH. KISMAN PANGERAN
40. Ir. H. MUDAHAN HAZDIE, M.Si
41. Dra. Hj. NURJANAH, SH
42. RIMA NOFIYANTI, S.Pi
43. Hj. ROBIATUL ADAWIYAH, SE (Petahana Anggota DPD RI)
44. SIGAP, S.Pd., M.Pd
45. H. SUNARDI AYUB, SH
46. TAUFIK LA TOFI
47. YASRIN FALAHI HAEKAL