Gubernur Zulkieflimansyah Optimistis Penanganan Pasca Bencana di NTB Berjalan Baik

Advertisement

Gubernur Zulkieflimansyah Optimistis Penanganan Pasca Bencana di NTB Berjalan Baik

Redaksi KATAKNEWS
Selasa, 09 Oktober 2018

PERHATIAN PUSAT. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah (tengah), saat memberikan keterangan pers, Selasa malam (9/10) dalam silahturahmi bersama pers dan aktivis, di Pendopo Gubernur NTB di Mataram.(KATAKNEWS/Bara Elank) 

MATARAM - Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah merasa yakin penanganan pasca bencana dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa berjalan baik.

Gubernur Zul juga meyakinkan bahwa perhatian dan dukungan pemerintah pusat untuk NTB tidak akan berkurang setelah bencana serupa juga melanda Sulawesi Tengah.

"Dalam kunjungan Menko Kemaritiman dan Menkeu, itu sudah ditegaskan bahwa NTB usah khawatir dengan Palu, karena untuk penanganan (dua bencana ini) ada tim yang berbeda," kata Gubernur Zul, Selasa malam, (9/10) di pendopo Gubernur NTB, di Mataram.

Dijelaskan, untuk penanganan bencana di NTB dan Sulawesi Tengah, Presiden Jokowi sudah meminta Wapres Jusuf Kalla sebagai koordinator utama.

Wapres JK akan mengoordinasikan sinergi antar Kementerian dan Lembaga terkait segala keperluan dalam tahapan penanganan bencana, baik di NTB maupun Sulteng.

"Saya juga sudah berkomunikasi dengan pak JK. Beliau bilang, diminta Presiden untuk menangani NTB dan Sulteng. Dengan pengalaman pak JK kita yakin proses akan berjalan maksimal, dan kepemimpinannya juga bisa menghilangkan sekat-sekat birokrasi," katanya.

Gubernur Zul mengatakan, keseriusan pemerintah pusat dalam penanganan bencana di NTB juga sudah ditunjukan dengan penempatan seorang Jenderal bintang dua, Mayjen TNI Madsuni sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Penanggulangan Dampak Bencana (PDB) Gempa NTB.

"Sebagai keseriusan kita di daerah, saya juga sudah meminta Wagub bu Hj Rohmi untuk memimpin tim dan mengkoordinasikan di daerah. Jadi beliau yang akan memantau perkembangan dan memastikan progressnya setiap saat," katanya.

Presiden Jokowi Akan Hadir di Lombok

Gubernur Zul menambahkan, sebagai keseriusan pemerintah untuk NTB, Presiden Joko Widodo juga akan mengunjungi Lombok pada 12 atau 13 Oktober mendatang.

"Presiden Jokowi akan datang ke Lombok untuk menuntaskan apa saja yang menjadi pertanyaan masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam kunjungan Presiden nanti, semua Kepala Daerah di NTB, Bupati dan Walikota akan diundang untuk mendengar langsung apa yang disampaikan Presiden.

"Kita akan undang semua Kepala Daerah saat kunjungan Presiden, sehingga mereka bisa dengar langsung, dan kemudian bisa menyampaikannya kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, selain perhatian dan dukungan pemerintah pusat, seluruh Bupati dan Walikota daerah terdampak di NTB juga mulai membangun sinergi untuk menginisiasi yang bisa dilakukan Pemda untuk percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di NTB.

"Sudah ada pertemuan dengan Bupati dan Walikota untuk mulai inisiatif melakukan yang bisa kita lakukan dalam tahap ini," katanya. K18