Bunda Dian BK : Taman Bacaan Bisa Tingkatkan Minat Baca dan Tangkal Pengaruh Buruk Teknologi bagi Anak-Anak

Advertisement

Bunda Dian BK : Taman Bacaan Bisa Tingkatkan Minat Baca dan Tangkal Pengaruh Buruk Teknologi bagi Anak-Anak

Redaksi KATAKNEWS
Senin, 15 Oktober 2018

Bunda Dian Bambang bersama suami H Bambang Kristiono (HBK) saat membagikan bantuan susu dan makanan bernutrisi untuk ibu hamil dan anak-anak di pesisir Tanjung Karang Bangsal, Sekarbela, Kota Mataram.(KATAKNEWS/Bara Elank)

MATARAM - Istri petinggi Partai Gerindra H Bambang Kristiono (HBK), Hj Dian Bambang atau akrab disapa Bunda Dian mengaku kagum dengan semangat dan kegigihan kaum perempuan di kawasan pesisir pantai Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, yang bisa mengembangkan taman bacaan untuk anak-anak.

Bunda Dian mengatakan, keberadaan taman bacaan akan membantu meningkatkan literasi dan juga minta baca sejak dini, sekaligus bisa menjadi penangkal dampak buruk teknologi bagi anak-anak.

"Saya sangat kagum dan bangga ya, ibu-ibu di sini bisa membuat taman bacaan. Jadi daripada anak-anak kita manjakan dengan bermain game di gadget, akan lebih bermanfaat bisa membaca buku-buku di taman bacaan ini. Saya rasa ini juga bisa menangkal pengaruh buruk teknologi bagi anak-anak," kata Bunda Dian.

Bunda Dian mendampingi HBK berkunjung ke pantai Tanjung Karang Bangsal, Minggu sore (14/10), dalam kegiatan beach clean-up bersama masyarakat setempat.

Sebelum bersih-bersih pantai dilakukan, HBK dan Bunda Dian sempat berdialog akrab dengan pengelola taman bacaan. Taman bacaan itu terletak dekat pesisir pantai. Meski sederhana, taman bacaan memiliki jumlah koleksi buku bacaan anak-anak cukup banyak.

Menurut Bunda Dian, keberadaan taman bacaan juga bisa digunakan anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan dengan membaca, dan bisa juga sebagai tempat mereka berkumpul bersama untuk belajar atau menyelesaikan tugas sekolah bersama-sama.

"Dengan demikian budaya gemar membaca juga bisa didorong sejak dini. Sebab di negara-negara maju seperti Jepang itu minat baca masyarakatnya sangat tinggi. Jadi apa yang dilakukan ibu-ibu di sini saya pikir sangat luar biasa," katanya.

Bunda Dian mengatakan, apa yang dilakukan ibu-ibu di pesisir Tanjung Karang itu, bisa menjadi model yang bagus untuk dikembangkan di tempat lain.

TAMAN BACAAN. HBK bersama istri Hj Dian Bambang saat mengunjungi Taman Bacaan di pesisir Tanjung Karang Bangsal, Kota Mataram. (KATAKNEWS/Bara Elank)
Salah seorang pengurus taman bacaan, Yuli mengatakan, keberadaan taman bacaan sangat bermanfaat bagi anak-anak di sana. Daripada mereka bermain gadget atau menyewa play station dan melakukan kegiatan lain yang hanya menghabiskan waktu, akan lebih bermanfaat bila anak-anak itu membaca buku-buku di taman bacaan.

Ia mengaku bangga mendapat kunjungan dari petinggi partai Gerindra, HBK dan istrinya, Hj Dian Bambang, untuk melihat dari dekat kondisi kaum perempuan di kawasan pesisir tersebut.

Selain taman bacaan, para perempuan di pesisir ini membentuk kelompok kebersihan yang diberi nama Pasukan Sapu. Anggota mereka sekitar 35 orang yang setiap pekan membersihkan pantai di kawasan Tanjung Karang Bangsal.

Usai meninjau Taman Bacaan di sana, HBK dan Bunda Dian bersama ibu-ibu pasukan sapu melakukan kegiatan bersih-bersih pantai yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan susu dan makanan suplemen untuk ibu hamil, serta makanan suplemen bernutrisi untuk anak-anak setempat.K18