Akhir Tahun Ini BPPD NTB Bakal Gelar Festival Kopi Nusantara di Sembalun

Advertisement

Akhir Tahun Ini BPPD NTB Bakal Gelar Festival Kopi Nusantara di Sembalun

Redaksi KATAKNEWS
Sabtu, 13 Oktober 2018

Ketua BPPD NTB, TGH Fauzan Zakaria.(KATAKNEWS/Bara Elank)

MATARAM - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat akan menggelar event Festival Kopi Nusantara di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, akhir tahun nanti.

Selain untuk mempromosikan potensi Kopi NTB ke kancah nasional dan internasional, event juga digelar sebagai penanda bahwa sektor pariwisata NTB sudah kembali normal pasca bencana.

"Ini sedang kita konsepkan. Festival kopi nusantara digelar di Sembalun karena kawasan itu terkenal sebagai produsen Kopi lokal yang berkualitas dan cita rasa tinggi," kata Ketua BPPD NTB, TGH Fauzan Zakaria, Sabtu (13/10) di Mataram.

Menurut dia, festival ini juga dilaksanakan di Sembalun untuk mendorong normalisasi sektor pariwisata di kawasan itu.

Seperti diketahui, Sembalun merupakan salah satu pintu utama jalur pendakian ke Gunung Rinjani.

Kawasan ini menjadi kawasan terdampak cukup parah akibat gempa bumi yang melanda Lombok Juli-Agustus lalu.

Pasca bencana hingga saat ini, Balai TNGR sebagai pengelola kawasan masih menutup pendakian untuk alasan keamanan dan keselamatan pengunjung.

"Dampaknya luar biasa, karena banyak masyarakat disana yag menggantungkan hidup sebagai pemandu wisata dan porter pendakian Rinjani. Nah event festival kopi nusantara ini kita harap bisa jadi pemicu minat wisatawan untuk kembali ke Sembalun," katanya.

Menurut Fauzan, meskipun belum bisa mendaki Rinjani, para wisatawan setidaknya bisa menikmati destinasi lain yang ada di Sembalun, seperti agrowisata dan lain sebagainya. K18