Satgas Aman Nusa II Bersihkan Reruntuhan Gedung SD dan Rumah Warga di Lombok Utara

Advertisement

Satgas Aman Nusa II Bersihkan Reruntuhan Gedung SD dan Rumah Warga di Lombok Utara

Redaksi KATAKNEWS
Sabtu, 22 September 2018

KATAKNEWS/Dok Satgas Aman Nusa II

BERSIHKAN PUING. Anggota Brimob Satgas Aman Nusa II Polda NTB bersama TNI membersihkan puing bangunan sisa gempa bumi di Lombok Utara.

LOMBOK UTARA, KATAKNEWS.com - Pembersihan puing bangunan pasca bencana gempa bumi terus dilakukan.

Anggota Brimob Satgas Aman Nusa II, Kamis (20/9) melakukan pembersihan puing bangunan di sejumlah lokal kelas di Sekolah Dasar (SD) Negeri 5, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Personil Satbrimob Polda Sumatera Utara  BKO Polda NTB dipimpin Danki-Gas IPTU  A.H.Harahap, melakukan pembongkaran dinding yang runtuh secara manual dan membersihkan sisa-sisa bangunan.

Karo Ops Polda NTB selaku Komandan Satgas Aman Nusa II, Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya menjelaskan, kegiatan pembersihan puing bangunan pasca bencana gempa ini dilakukan dalam masa rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Tujuannya agar areal lokasi menjadi clear dan siap dibangun kembali.

"Selain rumah warga, Satgas juga membantu pembersihan fasilitas umum yang terdampak. Ini terus dilakukan bersama jajaran TNI," katanya.

Maningka Jaya menjelaskan, dalam penanganan dampak bencana di NTB ini, Polda sudah membentuk operasi kontijensi Aman Nusa II yang melibatkan seluruh personil Brimob Polda NTB berjumlah 900 orang, dibantu tugas BKO 9 Kompi Brimob dari Polda Sumut, Polda Jateng, Polda Katim, Polda Sulsel, Polda Kalteng, Polda Kalsel, dan dari Brimob Pelopor Jakarta.

"Jumlah bantuan BKO itu sekitar 1.317 personil, ditambah anggota Brimob NTB sekitar 900 orang. Mereka ini tersebar di seluruh Kecamatan terdampak bencana," katanya.


PEMBERSIHAN PUING. Personil Satgas Aman Nusa II membersihkan puing bangunan terdampak gempa, secara manual di kawasan sulit terjangkau alat berat, di Lombok Utara. (KATAKNEWS/Istimewa)

Sementara itu, di waktu yang sama, Kamis (20/9) Personil Subden 2/A yang terlibat Satgas Aman Nusa II dipimpin Kanit II Kompi I Satgas, IPDA Budi Efran Khan juga melakukan pembersihan puing bangunan sejumlah rumah di Dusun Lendang Berora, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Kanit I Kompi I Satgas Aman Nusa II, IPTU R Rumapea juga memimpin kegiatan yang sama di Dusun Karang Petak, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Patroli dan Keamanan

Selain kegiatan fisik membersihkan puing bangunan yang rusak akibat gempa bumi, Satgas Aman Nusa II juga melakukan kegiatan rutin patroli dan pengamanan di wilayah strategis.


KARO OPS Polda NTB, Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya bersama Kabid Hukum Polda NTB, AKBP Azas. (KATAKNEWS/Bara Elank)
Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya mengatakan, kegiatan pengamanan juga terus dilakukan di sejumlah objek vital termasuk kawasan pariwisata.

"Jadi selain membersihkan bangunan, tugas pengayoman dan pengamanan tetap kami lakukan. Di Gili Trawangan, Gili Air, dan Meno, personil juga masih standby untuk pengamanan," katanya.

Ia berharap, situasi NTB pasca bencana gempa bumi bisa kembali bangkit dan normal lagi.

Terutama di sektor pariwisata, yang menjadi salah satu sektor utama pembangunan ekonomi di NTB ini.

"Yang terpenting ada rasa aman dan nyaman yang bisa meyakinkan wisatawan datang kembali pasca bencana. Di Gili kami lihat sudah mulai hidup kembali, sudah banyak wisatawan datang. Ini harapan kita semua agar NTB bisa segera bangkit," katanya. K18