PB PMII Belajar dan Senam Bersama Siswa Korban Gempa Lombok

Advertisement

PB PMII Belajar dan Senam Bersama Siswa Korban Gempa Lombok

KATAKNEWS.com
Sabtu, 15 September 2018

KATAKNEWS/Istimewa

BANTUAN KORBAN GEMPA. Relawan Tagana PB PMII saat menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lombok Utara. Mereka juga menggelar aksi trauma healing di sejumlah sekolah terdampak.


LOMBOK UTARA - Relawan dari Taruna Tanggap Bencana Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Tagana PB PMII), Sabtu (15/9) menggelar kegiatan belajar dan senam bersama dengan siswa korban gempa Lombok, di SDN 2 Pemenang, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Sekretaris Jenderal PB PMII, Sabolah Al Kalamby mengatakan, aktivitas tersebut merupakan salah satu cara PB PMII untuk melakukan trauma healing bagi para siswa korban gempa.

Menurutnya, hal tersebut penting untuk dilakukan, agar kegiatan para siswa bisa normal kembali pasca gempa.

"Inilah salah satu cara yang dapat kami lakukan. Kami membagi ilmu sekaligus menghibur adik-adik kami," katanya, di sla kegiatan.

SDN 2 Pemenang merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak gempa. Sebagian bangunan sekolah roboh dan tidak dapat digunakan untuk menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Sejauh ini, aktivitas KBM dilakukan di dalam tenda yang dibangun di halaman sekolah.

Namun, kondisi tersebut tidak menurunkan semangat belajar para siswa disana. Begitu juga dengan para guru, mereka terlihat tetap semangat dalam menjalankan tugas dan profesinya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Bencana Alam PB PMII, Yasir Budjin Samoal, menyampaikan bahwa aktivitas trauma healing tersebut akan dilakukan selama Tagana PB PMII berada di sana.

Menurutnya, selain KBM dan senam bersama, ada juga kegiatan lain yang dilakukan untuk sebagai trauma healing siswa korban gempa.

Seperti pemeriksaan kesehatan geratis, nonton bareng dan lain-lain.

Salurkan Bantuan Korban Gempa 

Selain menggelar trauma healing, Tagana PB PMII juga  menyalurkan bantuan korban gempa Lombok Utara.

Bantuan tersebut disalurkan secara langsung, Sabtu (15/9), kepada pengungsi yang ada di Kecamatan Gangga dan Kecamatan Kayangan.

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang mengatakan, bantuan yang disalurkan pihaknya itu merupakan kebutuhan para korban gempa.

Sebab, sebelum menyalurkan bantuan pihaknya telah melakukan identifikasi terkait apa saja yang menjadi kebutuhan korban gempa.

"Jadi semua jenis bantuan yang kami salurkan merupakan kebutuhan saudara-saudara kami yang terkena musibah gempa Lombok," ujarnya

Sementara itu, Ketua Lembaga Bencana PB PMII Yasir Budjin Samoal mengungkapkan jenis barang yang disalurkannya.

Seperti beras, telur, kelambu, obat-obatan, tas sekolah, seragam sekolah, kaos kaki dan lain-lain.

Bukan hanya itu, Yasir juga mengatakan bahwa masih ada beberapa titik pengungsian yang akan disalurkannya.

"Masih ada tempat-tempat yang sangat membutuhkan bantuan. Itu sudah kita data, insya Allah secepatnya kita akan salurkan bantuannya," terang pemuda asal Ambon ini.

Kedatangan PB PMII ke sejumlah pengungsian membuat para korban menjadi senang.

Mereka bersyukur atas apa yang dilakukan PB PMII. Sebab, bantuan yang disalurkan itu sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di samping itu, mereka juga diberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

"Kami senang sekali, kami berterimakasih ke adik-adik PMII yang kemarin sudah datang menanyakan kebutuhan kami," ucap Naskirom Haitami, salah seorang pengungsi di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. K18