HUT Polantas ke 63, Ditlantas Polda NTB Serahkan Bantuan Sekolah Darurat di Lombok Utara

Advertisement

HUT Polantas ke 63, Ditlantas Polda NTB Serahkan Bantuan Sekolah Darurat di Lombok Utara

Redaksi KATAKNEWS
Minggu, 23 September 2018

KATAKNEWS/Istimewa

HUT POLANTAS. Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Arman Achdiat, Kepala Bapenda NTB, H Iswandi, dan Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar berpose bersama siswa SD Al Hijrah, usai penyerahan bantuan Sekolah Darurat di Desa Bentek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.  


LOMBOK UTARA, KATAKNEWS.com - Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas ke 63, Sabtu (22/9) dilaksanakan oleh Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Ditlantas Polda NTB) berbeda dari tahun - tahun sebelumnya.

Dipimpin Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Arman Achdiat SIK MSI, Sabtu (22/9) puluhan anggota Polisi Lalu Lintas mengikuti apel peringatan HUT Polantas ke 63 di bekas runtuhan Sekolah Dasar Al Hijrah, Dusun Busur Barat, Desa Rempek Darussalam, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, Kepala Bapenda NTB, H Iswandi, pengurus sekolah, dan sejumlah pejabat setempat.

SD Al Hijrah di Desa Rempek merupakan salah satu sekolah yang rata dengan tanah akibat gempa bumi berturut turut yang melanda Lombok.

Apel HUT Polantas 63 itu sekaligus diisi dengan penyerahan simbolik bantuan Sekolah Darurat dari Ditlantas Polda NTB.

Di sekolah inilah, Ditlantas Polda NTB memberikan bantuan berupa sekolah darurat tahan gempa sebanyak 3 (tiga) ruang kelas.

Dalam sambutannya, Direktur Lalu Lintas Polda NTB, Kombes Pol Arman Achdiat SIK MSI menyampaikan, peringatan HUT Polantas ke 63 di NTB ini ditekankan pada rasa empati dengan kondisi masyarakat di pulau Lombok dan Sumbawa yang terdampak gempa bumi.

"Hal ini membuat kami di jajaran Ditlantas Polda NTB menggelar peringatan HUT Polantas di lokasi terdampak, sekaligus sedikit membantu meringankan beban para korban gempa bumi," katanya.

Arman menjelaskan, kepedulian Polantas untuk para korban gempa diwujudkan dengan Program Aksi Seribu Rupiah untuk korban Gempa NTB.

Aksi yang digalang untuk mengumpulkan donasi bagi korban gempa ini dilakukan sejak sebulan lalu. Hasilnya disalurkan dalam bentuk sembako, selimut, dan obat-obatan ke sejumlah lokasi pengungsian.

"Dengan aksi ini, jajaran Polantas juga bisa membantu Sekolah Darurat untuk sejumlah lokasi, termasuk di Desa Rempek ini," katanya.

Menurut Arman, kegiatan peringatan HUT Polantas ke 63 ini juga dilakukan di Pulau  Sumbawa, yang dipusatkan di lokasi terdampak gempa di Desa Alas Barat, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa.

"Di Sumbawa, jajaran Polantas se Pulau Sumbawa juga mengadakan hal yang sama dipusatkan di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Mudah - mudahan apa yang kami berikan bisa bermanfaat," kata Arman.

Selain penyerahan bantuan, peringatan HUT Polantas ke 63 di Lombok Utara juga diisi dengan trauma healing untuk para siswa TK dan SD, dengan menggelar lomba membacakan puisi bertema Polisi Lalu Lintas.

Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar mengapresiasi dipilihnya Lombok Utara sebagai lokasi peringatan puncak HUT Polantas ke 63.

Ia juga berterimakasih atas bantuan jajaran Polantas termasuk bantuan bangunan Sekolah Darurat.

"Ada ratusan sekolah di Lombok Utara ini yang dalam kondisi runtuh akibat gempa, kami bersyukur Ditlantas Polda NTB ikut membantu kami. Dan semoga Polisi Lalu Lintas semakin modern dan terpercaya," kata Bupati Najmul.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Hijrah, Sumardi, mengatakan sangat bersyukur dengan bantuan sekolah darurat dari Ditlantas Polda NTB.

"Sejak gempa kedua, belum ada pejabat yang datang. Kami paham, karena saking banyaknya kegiatan mereka. Alhamdulillah, hari ini Dirlantas Polda NTB mewakili pemerintah untuk datang dan membantu kami. Pak Bupati juga hadir, ini merupakan kebahagian kami selaku warga masyarakat yang terdampak gempa dan tinggal di pelosok,"kata Sumardi di hadapan para pejabat dan tamu undangan.

Menurut Sumardi, bantuan tiga lokal kelas sekolah darurat akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah yang memiliki murid lebih dari 150 orang itu.

Kegiatan puncak peringatan HUT Polantas ke 63 Ditlantas Polda NTB itu diakhiri dengan makan siang bersama setelah sebelumnya telah dilaksanakan juga pembagian 600 nasi kotak, 200 tas sekolah beserta isinya, serta distribusi dua tanki air bersih kepada masyarakat korban gempa.

Dalam HUT Polantas ke 63 tahun ini, sejumlah rangkaian kegiatan juga sudah dilaksanakan sebelumnya.

Seperti pengobatan gratis untuk korban gempa bumi, pada Kamis 20 September 2018 di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari,  Lombok Barat, dan juga Donor darah di Kantor Samsat Mataram. K18